TikTok Uji Coba Unggahan Video Berdurasi 60 Menit, Saingi YouTube?

Jum'at, 24 Mei 2024 | 06:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Aplikasi TikTok tengah menguji unggahan video berdurasi 60 menit, dalam upaya untuk menjadi platform yang mendekati YouTube. Fitur tersebut saat ini tersedia untuk sekelompok pengguna terbatas di "pasar tertentu".

Menurut sumber perusahaan itu kepada TechCrunch yang dilansir GSM Arena, saat ini belum ada rencana TikTok untuk membuat video ini tersedia secara lebih luas. Namun, idenya dengan konten berdurasi lebih panjang, TikTok dapat menarik beberapa pemirsa YouTube selain pemirsa biasanya yang mencari video berdurasi pendek untuk dilihat.

Saat diluncurkan, TikTok memiliki batas unggahan 15 menit (seperti yang dulu dilakukan YouTube), tetapi batas ini terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. TikTok mengatakan bahwa mereka sering mendengar dari para pembuat konten yang menginginkan lebih banyak waktu untuk hal-hal seperti demo memasak, tutorial kecantikan, rencana pelajaran pendidikan, sketsa komedi, dan banyak lagi. Jadi inilah jawaban atas permintaan tersebut.

Menurut perusahaan, tujuan dari peningkatan batas waktu ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada pembuat konten untuk bereksperimen dengan jenis konten baru atau perluasan yang tidak mungkin dilakukan - atau akan sulit untuk disaksikan jika Anda harus menonton banyak video.

Hal ini juga membuka pintu bagi episode penuh acara TV untuk diposting ke platform - tahun lalu Peacock membuat episode pertama acara tersebut tersedia di TikTok tetapi dipecah menjadi lima bagian. Jika hal seperti ini terjadi lagi, Anda tidak perlu melewati rintangan yang sama.

TikTok juga telah menguji mode layar penuh horizontal dengan thumbnail, yang menjadikannya makin mirip dengan YouTube. kbc10

Bagikan artikel ini: