Migrasi Transaksi TikTok Shop ke Tokopedia Ditargetkan Bulan Depan

Kamis, 7 Maret 2024 | 09:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Proses migrasi alias pemindahan transaksi TikTok Shop ke Tokopedia ditargetkan rampung pada April 2024 mendatang.

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan, pihaknya akan menaati aturan pemerintah yang memisahkan social commerce dan e-commerce.

"Perkembangan (merger) sudah sangat positif. Kami berfokus untuk terus sampai full transaksinya selesai dan terus mengikuti petunjuk pemerintah. Iya (April selesai)," katanya seperti dikutip, Kamis (7/3/2024).

Aditia mengatakan, perkawinan Tokopedia dan TikTok Shop disambut baik oleh penjual. Pasalnya penjual bisa merambah pasar kedua platform tersebut.

"Jadi dari sisi UMKM mereka bisa mengekspansi pasar lebih luas dengan pasar yang berbeda," katanya.

Dia menambahkan, saat ini sistem penjualan masih sama seperti sebelumnya. Penjual Tokopedia bisa membuat secara manual akun TikTok Shop. Begitu juga penjual di TikTok Shop bisa membuat akun Tokopedia.

"Kalau sekarang memang masih sama kayak dulu. Yang sudah punya akun Tokopedia, silahkan buka di TikTok. Begitu juga sebaliknya," katanya.

"Mungkin bedanya kayak misalnya sekarang Ramadan Extra yang sudah kami luncurkan, pedang-pedagang di dua platform mendapatkan manfaat yang sama dan promosi yang sama," imbuhnya.

Seperti diketahui, TikTok Shop resmi kembali buka pada Desember lalu setelah resmi bermitra dengan Tokopedia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) memberikan waktu selama empat bulan bagi TikTok dan Tokopedia untuk uji coba kerja sama. Setelah itu, Kementerian Perdagangan akan melakukan audit.

"Ini kan teknologinya tinggi, perlu tiga sampai empat bulan mereka semacam percobaan, trial and error. Dan diminta juga utamakan produk-produk lokal. Nanti hasil kerja sama itu seperti apa, kita nilai," kata Zulhas.

"Nanti kita audit, kita lihat nanti seperti apa," imbuhnya.

Zulhas mengatakan, dengan kerja sama ini, TikTok tidak akan serta merta menjadi e-commerce. Namun, TikTok berkongsi dengan Tokopedia yang merupakan e-commerce.

"E-commerce-nya itu Tokopedia, kerja sama dengan TikTok. Jadi TikTok tidak e-commerce. Yang jualannya itu Tokopedia," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: