Dukung Target Kewirausahaan 3,95%, Komunitas TDA Bangun Universitas Bisnis Terapan

Kamis, 31 Agustus 2023 | 10:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Komitmen Pengusaha Tangan Di Atas (TDA) 8.0 menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan diaktualisasikan dengan mendirikan Universitas Bisnis Terapan. Untuk persayaratan legalitas, akan bernaung di bawah Kemendikbudristek Dikti dan menggunakan sistem hybrid.

Presiden TDA 8.0 Eko Desryanto menuturkan, Universitas TDA ini akan dimulai tahun ini. Proses penerimaan mahasiswa baru sudah mulai dilakukan dengan kampus utama berada di Jakarta.Target mahasiswa offline sebanyak 1.000 mahasiswa baru.

Sementara untuk mahasiswa yang bersedia mengikuti kuliah secara online tidak ada batasan. Adapun, sarana dan prasarana perkuliahan sudah siap  menampung penerimaan mahasiswa baru.

"Pendirian Universitas Bisnis TDA ini merupakan salah satu amanat yang dibawa dalam Mukernas ke-8 yang dihadiri sebanyak 433 pengusaha seluruh Indonesia berlangsung pada Rabu-Jumat (30/8/2023 -1/9/2023), di Daerah Istimewa Yogyakarta," ujar Eko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Mengenai karakteristik Universitas Bisnis TDA ini dilaksanakan berbasis industri pertama di Indonesia. Nantinya mahasiswa belajar teori sekaligus mempraktekkan dalam perusahaan anggota Komunitas TDA. Setelah mereka mendapatkan ilmunya, langsung mengimplentasikannya dan hasilnya berupa project learning.

Penilaiannya berdasarkan apa yang sudah mereka kerjakan dan hal tersebut yang akan dianalisa. Profil lulusan, 80% diharapkan berani menjalankan usaha. Jika tidak, mereka dapat menjadi seorang profesional atau ahli dalam bidangnya.

"Lulusan universitas ini kompetensinya langsung menjadi ahli, bukan sekadar menguasai secara teori. Sebab, mahasiswa dilatih menyelesaikan segala permasalahan dan tantangan langsung dilapangan," tandas Eko.

Guna mewujudkan lulusan tersebut, lanjut Eko,para mahasiswa dibekali dengan berbagai modul serta pendampingan untuk memulai usaha  atau spesialis dalam bidang tertentu. Karena itu, lulusan universitas ini tidak ada yang akan menganggur.

"Modul-modul dan pendampingan ini telah terbukti sangat efektif. Hal itu sudah terbukti dengan munculnya sekitar 39 ribu  member TDA yang dilahirkan dari modul pelatihan semacam ini," ujar Eko.

Eko menegaskan, Universitas Bisnis TDA merupakan langkah inovatif yang berani dari TDA ini akan menjadi pusat pendidikan dan inovasi bagi calon pengusaha dan pemilik usaha. Kurikulum pembelajaran di Universitas Bisnis TDA menekankan kewirausahaan, teknologi, dan digital yang akan memberi pengetahuan dan keterampilan relevan bagi generasi muda untuk menghadapi tantangan bisnis yang dinamis dan kompetitif.

"Kami yakin melalui kolaborasi yang kuat,inovasi, dan investasi dalam pendidikan kewirausahaan, kami dapat mewujudkan potensi ekonomi Indonesia yang luar biasa," terang Eko.

Ditambahkan Eko, Universitas Bisnis TDA menargetkan memperluas kontribusi bisnis dengan mencetak 80% pengusaha dan 20% spesialis. "Mahasiswa Universitas Bisnis TDA ini tidak menganggur, karena selama proses kuliah juga sudah bekerja. Ini sekaligus menjawab persoalan masih banyaknya lulusan perguruan tinggi yang menganggur paska diwisuda," ujarnya.

Selain mengetengahkan rencana pendirian Universitas Bisnis TDA, pada Mukernas 8.0 tahun 2023 ini, TDA juga menyampaikan dua point lainnya yakni dukungan pemerintah menuju target kewirausahaan nasional 3,95%. Melalui sinergi kolaborasi sektor swasta dan pemerintah, program TDA ke tahap lebih lanjut akan ditingkatkan guna memberdayakan para pengusaha muda dan berbakat dalam menjalankan usaha mereka.

Menurut Eko, hal penting kedua yang akan disampaikan dalam Mukernas adalah menggerakan pengusaha di 109 Daerah di Kabupaten/Kota, TDA menuju pertumbuhan melalui Program To The Next Level. Program ini, kata Eko, bertujuan untuk memberikan pelatihan, akses ke sumber daya, dan bimbingan bagi para pengusaha lokal guna mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

"Dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman anggota komunitas, program tahap lebih lanjut akan menjadi pendorong utama dalam mengembangkan potensi ekonomi di berbagai daerah," terangnya.

Eko menegaskan, Mukernas Komunitas Pengusaha TDA tahun ini mengukuhkan kembali tekad para pengurus dan member untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang tangguh dan berkelanjutan di Indonesia. kbc11

Bagikan artikel ini: