Usung Bisnis Bell Living Lab, Arka Irfani Raih Best of Best WMM 2023, Bawa Pulang Rp 500 juta

Sabtu, 20 Januari 2024 | 08:28 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023, yang berhasil mencetak kampiun baru dari berbagai bidang usaha. WMM 2023 merupakan program unggulan Bank Mandiri yang telah berlangsung sejak 2007 dan menjadi wujud nyata dari komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan wirausaha muda Indonesia.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan, WMM merupakan program andalan dari Bank Mandiri yang digelar sejak 2007 dan merupakan wujud konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung pengusaha muda Indonesia. Konsistensi tersebut tidak hanya berhenti pada tahapan kompetisi, namun berlanjut pada tahap pendampingan, pengembangan usaha, dan juga promosi nasional dan lokal yang didukung oleh Bank Mandiri.

"WMM tidak hanya menjadi ajang perlombaan saja, tetapi sudah menjadi sebuah komunitas pengusaha muda yang solid dan terus meluas dari tahun ke tahun. Ini yang menjadi semangat bagi kami untuk terus konsisten mengembangkan wirausaha muda Indonesia," ujar Ali pada Puncak WMM Award 2023 di JW Marriot, Surabaya, Jumat (19/1/2024).

Pada tahun ini, WMM berhasil menjaring 8.290 pendaftar dari seluruh Indonesia, dengan beragam jenis dan kategori usaha. Dari jumlah tersebut, terpilih 24 peserta yang lolos ke babak final, yang kemudian diuji secara langsung oleh para dewan juri yang terdiri dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Founder Cultivar Coffeehouse Wulan Guritno, Founder USS Network Sayed Muhammad dan CMO Fore Coffee Matthew Adrian.

Dari 24 Peserta yang berhasil lolos ke babak final, Arka Irfani terpilih membawa gelar Best of Best WMM 2023 dengan nama bisnis Bell Living Lab dengan berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp 500 juta.

Arka mengembangkan bisnis pemanfaatan limbah kopi untuk disulap menjadi produk fashion yang kekinian. Sehingga bahan tersebut menjadi produk yang berkelanjutan dan dapat digunakan banyak orang

"Saya merasa WMM sangat bermanfaat karena dapat bertemu dengan orang-orang yang inspiratif dan bisa saling kolaboratif. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan bisnis sehingga produk kami semakin luas dimanfaatkan orang. Semoga WMM dapat terus meinspirasi generasi muda," kata Arka.

Selain Arka Irfani, terdapat juga pemenang Best of the Best dari masing-masing kategori business existing, yaitu Kategori Boga, Sosial & Lingkungan, Teknologi, dan Kreatif. Berikut adalah daftar lengkap para pemenang WMM 2023 Business Existing:

Kategori Boga, juara 1 diraih Muhammad Bayu Hermawan dengan bisnis Tambiyaku, yang merupakan perusahaan makanan sehat berbahan dasar sorgum yang terjangkau.

Juara 2 diboyong Redha Taufik Ardias dengan bisnis Sila Artisan Tea. Sementara juara 3 diperoleh Wiko Puji Susanto dengan bisnis Fishsnack.

Untuk Kategori Sosial & Lingkungan, juara 1 Mohammad Rofiul Ulum dengan bisnis Bintang Songo Indonesia, yang merupakan usaha yang mengutamakan Pemberdayaan Masyarakat, khususnya Ibu Rumah Tangga di Bidang jasa pengolahan limbah Kayu lapis menjadi Bahan Baku Pembuat Triplek di Lumajang

Juara 2 Yonatan Soedarto Prasetia dengan bisnis Truly Natural Organic, dan juara 3 Arif Rahman Faiza Asri dengan bisnis Nom Nom Herbs & Spices.

Sedangkan kategori teknologi, juara 1 diraih Sandy Wijaya dengan bisnis Ciroes, yang merupakan Circular economy marketplace yang menghubungkan penjual dan pembeli sampah daur ulang untuk bertransaksi dengan mudah, cepat, dan menguntungkan melalui satu platform

Juara 2 diraih Ratih Rachmatika dengan bisnis SIAB Indonesia, dan Juara 3 Benarivo Triadi Putra dengan bisnis Atourin.

Untuk kategori kreatif, juara 1 disabet Arka Irfani dengan bisnis Bell Living Lab, yang merupakan bisnis dalam pemanfaatan limbah kopi untuk disulap menjadi produk fashion yang kekinian.

Juara 2 adalah Evan Nico Kristanto dengan bisnis Locarpet Craft, sedang Juara 3 diraih oleh Rafida Nur Aini dengan bisnis Medividi.

Bank Mandiri juga berharap, pihaknya dapat terus menggelar WMM sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan upaya Bank Mandiri untuk mencetak generasi muda yang tangguh.kbc4

Bagikan artikel ini: