Alamak! Ada 1,5 juta sarjana di RI menganggur setiap tahun

Sabtu, 20 Mei 2023 | 07:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mendorong anak muda khususnya fresh graduated ataupun mahasiswa menjadi wirausaha. Hal ini untuk mengurangi angka pengangguran sekaligus mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju di 2045.

Dia mencatat, terdapat sebanyak 3,5 juta lulusan pendidikan yang berebut masuk mencari kerja. Sementara penyerapan tenaga kerja hanya 2 juta mahasiswa dengan asumsi pertumbuhan ekonomi rata-rata 5 persen.

"Sisanya 1,5 juta (mahasiswa) tidak bisa ditampung. Di kampus, mahasiswa harus diubah pola pikirnya yaitu untuk mencetak lapangan kerja bukan mencari kerja," ujar Menteri Teten dikutip dari keterangannya, Jumat (19/5/2023).

Padahal, untuk menjadi kelompok negara maju minimal rasio kewirausahaan harus mencapai 4 persen. Akan tetapi rasio jumlah wirausaha di Indonesia baru 3,47 persen.

"Presiden pun meminta dari kalangan terdidik, mahasiswa, sarjana, untuk terjun menjadi wirausaha karena persaingan industri saat ini persaingan ide kreatif," ucapnya.

Pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung penumbuhan jumlah wirausaha di Indonesia. salah satunya adalah penumbuhan ekosistem wirausaha melalui Entrepreneur Hub.

"Survei di dalam negeri maupun di Asia Tenggara, sebanyak 72 persen mahasiswa ingin menjadi pengusaha," katanya.

Hal itu pula yang menjadi dasar bagi Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dalam membidik entrepreneur dari kalangan perguruan tinggi, mengingat persaingan kedepan semakin kompetitif sehingga wirausaha harus punya kemampuan bersaing di pasar global.

Apalagi, menjadi wirausaha baru saat ini lebih mudah. Diungkapkannya, sudah banyak platform digital yang bisa membantu untuk memulai bisnis dengan mudah, misalnya melalui Entrepreneur Hub ini.

"Menjadi wirausaha itu mudah asal punya ide, banyak platform digital yang tersedia," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: