Bidik pertumbuhan penjualan lebih tinggi ketimbang 2022, ini strategi Galaxy Property

Jum'at, 10 Maret 2023 | 13:10 WIB ET
Jajaran Leader Galaxy Property
Jajaran Leader Galaxy Property

SURABAYA, kabarbisnis.com: Melandainya kasus Covid-19 memberikan dampak positif bagi pasar properti. Sepanjang tahun 2022, penjualan properti di dalam negeri terus bertumbuh, bahkan kenaikan hampir 40% (yoy). Meningkatnya permintaan pasar akan produk-produk properti juga diikuti oleh gencarnya pengembang meluncurkan produk baru.

Dengan kenyataan itu, perusahaan konsultan properti, Galaxy Property optimis bahwa pasar properti Indonesia akan terus bertumbuh, dan tidak seburuk seperti yang dikhawatirkan.

"Tahun yang penuh tantangan sudah dilalui Galaxy dengan transaksi di pasar secondary yang tinggi, karena kebutuhan akan rumah siap huni juga naik. Sekarang penjualan di sektor primary yang terus didorong, apalagi banyak developer yang melaunching unit-unit baru," kata Kennard Nugraha, CEO Galaxy Property pada acara Awarding Night GALAXY 5.0 di Surabaya, Kamis (9/3/2023).

Dia optimistis kinerja tahun ini akan lebih tinggi dari 2022, karena banyaknya faktor pendorong, seperti adanya kemudahan aplikasi KPR dari pihak perbankan, misal memunculkan KPR express untuk pembiayaan pinjaman, sehingga masyarakat bisa segera memenuhi kebutuhannya untuk mendapatkan rumah yang diimpikan.

"Program DP rendah atau DP 0% masih terus berlanjut, dan diberikan hampir di seluruh jenis produk properti seperti rumah, apartemen, dan ruko. Ditambah adanya kebijakan pemerintah yang semakin terbuka terhadap Warga Negara Asing (WNA) untuk memiliki properti di Indonesia," ujar Kennard.

Dipaparkannya, pembelian rumah tapak (landed house) masih mendominasi khususnya bagi end user, hal ini dikarenakan berbagai alasan. Mulai dari soal status kepemilikan yang berupa hak milik atas nama pribadi, adanya keleluasaan untuk mendekorasi rumah termasuk mengubah bentuk dibandingkan dengan tinggal di apartemen, dan jika masih ada sisa tanah juga masih bisa dikembangkan.

Pengembangan perumahan di kota-kota sekitar Surabaya seperti Gresik dan Sidoarjo terus meningkat, tidak hanya oleh developer lokal namun juga nasional. Sementara di Ibukota Jakarta, pengembangan semakin terlihat ke kawasan timur. Bekasi sampai Kawasan Cikarang yang jadi simpul TOD (transit oriented development) menjadi favorit, dimana 3 tahun terakhir harga properti disana meningkat tajam.

"Untuk transaksi properti komersial selalu ada, baik itu ruko, maupun pergudangan walaupun tidak setinggi di transaksi hunian," tandasnya.

Potensi pasar properti yang terus tumbuh ini juga membuat Galaxy untuk menambah kantor baru di sejumlah kota, yakni Yogyakarta dan Semarang pada tahjn ini. Sehingga total tahun ini ada 36 kantor Galaxy di 7 kota di Indonesia, yakni Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Malang, Bali, Yogyakarta dan Semarang.

"Dua kota di Jawa Tengah tersebut memang menunjukkan geliat perekonomian yang signifikan. Meningkatnya harga properti di Jawa Tengah belakangan ini juga di pengaruhi pembangunan infrastruktur yakni Tol Trans Jawa. Sejumlah perumahan yang berdekatan dengan akses tol ini menjadi buruan baik end user maupun kelompok investor," ulas Kennard.

Selain itu Galaxy juga berkomitmen untuk terus mengempower Galaxians yang merupakan generasi harapan bangsa agar jadi generasi yang unggul dan punya daya saing. Dengan terus mengupdrade skill mereka melalui training-training yang up to date dan relevan dengan kondisi pasar saat ini. "Dukungan GALAXY Apps yang siap 24 jam, sangat membantu Galaxians untuk menghandle listing dan mempercepat closing. Tak heran selalu muncul generasi-generasi baru di jajaran top agen yang naik keatas panggung awarding," beber Kennard.

Dalam kesempatan itu Kennard juga mengungkapkan bahwa keberhasilan para Property Consultant Galaxy dari seluruh Indonesia dalam memasarkan properti baik di primary maupun secondary dalam setahun dapat dilihat pada acara Annual Awarding Night bertajuk GALAXY 5.0. Dalam acara gala ini ada 200 Top Property Consultant seluruh Indonesia yang menerima penghargaan bergengsi, dan sejumlah Top Office yang menorehkan prestasi selama setahun.

"Mereka yang berprestasi, tidak hanya menerima award namun juga berhak mendapatkan reward trip ke luar negeri," ungkapnya. kbc7

Bagikan artikel ini: