Di tengah pandemi, Sekar Laut optimis penjualan naik 10% di 2020

Selasa, 30 Juni 2020 | 19:39 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Di tengah masih adanya tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19, PT Sekar Laut Tbk optimis penjualan produknya tahun ini tetap mengalami pertumbuhan sebesar 10 persen hingga akhir tahun 2020.

Direktur PT Sekar Laut Tbk, John C. Gozal mengatakan, di awal tahun pihaknya menargetkan penjualan tumbuh 15% pada 2020. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda global termasuk Indonesia, perseroan merevisi namun tetap optimis bisa tumbuh 10%.

"Baik di pasar domestik maupun ekspor, kami pasang optimistis. Bahkan di pasar-pasar lokal ternyata peminat produk kita masih banyak apalagi kan sekarang semua stay home, jadi orang lebih banyak masak di rumah, goreng kerupuk sendiri di rumah," katanya pada paparan publik hasil RUPS yang digelar via Zoom Meeting, Selasa (30/6/2020).

John bilang, untuk mendorong pertumbuhan kinerja tahun ini, selain akan menggenjot penjualan di dalam negeri, perseroan juga akan memperbesar pasar ekspor yang sebelumnya sudah ada seperti di beberapa negara di Eropa, Korea Selatan, Hong Kong, China.

"Ekspor kita selama pandemi bahkan cenderung meningkat sampai 10 persen sehingga pada kuartal I/2020 kontribusi ekspor kita mencapai 25 persen, dan 75 persen sisanya dikontribusi pasar domestik," ujarnya.

Sementara untuk pasar lokal, lanjut John, perseroan akan mengoptimalkan pasar baik secara offline maupun online. Untuk offline, pihaknya bakal menggenjot penetrasi di pasar tradisional serta supermarket.

"Dan untuk online, kita juga aktif masuk ke platform e-commerce. Jadi meski stay home, tapi bisa dengan mudah membeli produk perseroan secara online," ungkap John.

Direktur Produksi Sekar Laut, Sandiono Sungkono menambahkan, untuk menggenjot penjualan tahun perseroan juga telah menyiapkan 2 item produk baru, salah satunya sambal teri.

"Beberapa bulan ke depan kita akan mengeluarkan varian baru yang bakal diminati pasar lokal kita," imbuhnya.

Sementara itu sepanjang tahun 2019, Sekar Laut mencatatkan penjualan sebesar Rp1,28 triliun atau meningkat 22,6 persen dibandingkan tahun 2018 yang sebesar Rp 1,045 triliun. Seiring dengan perbaikan penjualan, perseroan juga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp45 miliar di 2019 atau meningkat 42 persen dibandingkan laba tahun 2018 yang sebesar Rp 32 miliar.

Sementara pada kuartal I/2020, penjualan bersih perseroan sebesar Rp 330 miliar atau naik 7% dibanding periode yang sama tahun 2019 yang sebesar Rp 308 miliar. Kuartal I tahun ini perseroan juga membukukan laba bersih sebesar Rp 12,4 miliar.

"Dengan pencapaian kinerja di tahun 2019 tersebut, pada RPUS ini disepakati perseroan membagikan dividen sebesar Rp 9,324 miliar atau sebesar Rp 15 per saham," pungkas John. kbc7

Bagikan artikel ini: