TikTok telah diunduh 1,5 miliar pengguna, nih negara penyumbang terbanyak

Selasa, 19 November 2019 | 17:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Aplikasi berbagi video TikTok tercatat telah diunduh oleh sebanyak 1,5 miliar pengguna. Angka ini tumbuh sebesar 6 persen dibanding posisi tahun lalu.

Dilansir dari laman Business Insider, Selasa (19/11/2019), menurut laporan situs analisis aplikasi Sensor Tower, TikTok menjadi aplikasi ketiga yang paling banyak diunduh di luar game pada tahun ini.

Adapun aplikasi nomor satu yakni WhatsApp, disusul Messenger. Sementara itu, aplikasi paling banyak diunduh yang keempat dan kelima yakni Facebook dan Instagram.

Pada Februari tahun ini, TikTok mencapai unduhan hingga 1 miliar. Kemudian sejauh ini aplikasi telah meraup pengguna hingga 614 juta unduhan hingga tahun ini.

Sebagian besar pertumbuhan TikTok dikatakan didorong oleh ledakan pengguna di India, yang menyumbang 31 persen dari unduhan aplikasi. Kemudian, pada terbesar kedua adlah China yang memiliki 11,5 persen pengguna dari total unduhan. Ketiga yakni Amerika Serikat yang mencapai 8,2 persen.

Menariknya, TikTok menjadi satu-satunya aplikasi di lima besar yang tidak dimiliki oleh Facebook. Pesaing utama TikTok dari daftar aplikasi milik Facebook yakni Instagram.

Instagram memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2018, menunjukkan bahwa jumlahnya sekarang lebih tinggi. TikTok mencapai tonggak sejarah yang sama pada Juni 2019 . Jadi Instagram mungkin unggul dengan selisih yang kecil.

Facebook telah melakukan upaya sadar untuk meniru kesuksesan TikTok. Pada November 2018 Facebook meluncurkan aplikasi berbagi video mandiri bernama Lasso.

Awal bulan ini Instagram mulai menguji fitur baru yang disebut Reels dengan para penggunanya di Brasil, yang secara luas dianggap sebagai fitur mirip TikTok. kbc10

Bagikan artikel ini: