Pertumbuhan Ekonomi Terus Menguat, Pasar Otomotif Jatim Kian Memikat

Rabu, 22 Mei 2024 | 15:33 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Daya pikat Surabaya untuk pasar otomotif di dalam negeri tidak bisa diabaikan menyusul pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur menunjukkan tren positif hingga kuartal I tahun ini.

Melansir dari data BPS yang diperbarui bulan Februari 2024, jumlah kendaraan bermotor di Provinsi Jawa Timur mencapai 23 juta unit, terdiri atas 20 juta unit kendaraan roda dua dan 3 juta unit kendaraan roda empat.

Pakar Ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Wisnu Wibowo mengatakan, penjualan kendaraan kuartal I tahun 2004 memang mengalami kontraksi, baik untuk mobil yang terkoreksi 18,8 persen maupun motor sekitar 2,9 persen. Setidaknya terdapat tiga faktor utama yang memengaruhi penjualan kendaraan, yaitu kondisi ekonomi, regulasi dan rangsangan produk.

Meski demikian, jika menilik optimisme perkembangan ekonomi ke depan dan harapan akan adanya penurunan suku bung The Fed pada kuartal III 2024, penjualan kendaraan diharapkan masih berpeluang untuk mengalami peningkatan sehingga mencapai target penjualan nasional sebesar 1,1 juta unit.

"Pertumbuhan positif penjualan kendaraan bermotor ke depan dipicu oleh ekspektasi positip terhadap pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan akan semakin membaik di kuartal berikutnya, khususnya di kuartal II dan III 2024 seiring dengan masih kuatnya konsumsi masyarakat," ujar dia.

Wisnu menambahkan, sektor lapangan usaha transportasi dan pergudangan di Jawa Timur masih menjadi motor pertumbuhan ekonomi dari sisi produksi yang didukung oleh tingginya mobilitas masyarakat akan mendorong permintaan atau penjualan kendaraan.

Sebagai informasi, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, salah satu ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia bakal menyambangi Kota Surabaya pada 29 Mei – 2 Juni 2024 di Grand City Surabaya. Danamon dan Adira Finance didukung oleh MUFG kembali berpartisipasi dalam ajang tersebut sebagai official bank partner, official multifinance partner, dan official trade-in partner melalui momobil.id dan momotor.id.

Selain memamerkan berbagai merk kendaraan roda dua dan roda empat, IIMS Surabaya 2024 juga menghadirkan IIMS Infinite Show dan IIMS Infinite Live. Para pengunjung dapat menikmati konser dari beragam musisi ternama tanah air, seperti Yura Yunita dan Ari Lasso.

"Menegaskan komitmen Danamon untuk tumbuh bersama dan hadir di setiap langkah dan tahap kehidupan nasabah, kami hadir sebagai grup perbankan dan multifinance yang kuat dan siap menjadi pilihan di industri otomotif masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya," tegas Regional Corporate Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Irene Sri Redjeki.kbc4

Bagikan artikel ini: