iPhone XR tetap jadi smartphone pilihan di 2021, ini alasannya

Jum'at, 16 Juli 2021 | 14:24 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Jika Anda berencana memiliki iPhone pertama, maka iPhone XR jelas harus jadi pilihan Anda. Seri ini memang dirilis tahun 2018 lalu namun dari segi spesifikasinya, seri ini tidak kalah dengan smartphone keluaran terbaru. 

Berikut ini adalah ulasan yang bisa Anda simak mengenai kelebihan dan kelemahan dari iPhone XR. Diharapkan setelah membaca ulasan ini, Anda bisa memahami apakah seri ini cocok dengan kebutuhan Anda?

1. iPhone dengan Harga Terjangkau 

Saat awal dirilis, harga iPhone XR mencapai Rp 15 jutaan untuk varian 64GB, Rp 16 jutaan untuk varian 128 GB, dan Rp 18 jutaan untuk varian 256GB. Angka ini turun drastis di tahun 2021. 

Kisaran harga untuk iPhone XR varian 64 GB adalah Rp 5 jutaan sampai Rp 7 jutaan. Kemudian untuk varian 128GB Rp 9 jutaan sampai Rp 10 jutaan. Sedangkan varian 256GB berada di harga Rp 11 jutaan. Harga beli ini cukup terjangkau mengingat kualitas dari iPhone XR sendiri yang tidak kalah dengan HP flagship brand lain yang dirilis tahun ini. 

Jika ingin membeli iPhone XR, Anda bisa berkunjung ke platform marketplace seperti Blibli.com. Di platform ini Anda akan mendapatkan daftar penjual, varian, informasi spesifikasi, serta metode pembayaran. Anda juga bisa memanfaatkan promo atau diskon yang berlaku. 

2. Chipset Bertenaga

Chipset yang tertanam di HP iPhone XR adalah Bionic A12 yang bertenaga sekaligus tahan lama. Jadi, kalau Anda adalah orang yang suka main game online, maka seri iPhone ini harus jadi pertimbangan utama.

iphone XR sendiri mumpuni untuk menampilkan game berat dengan visual 3 dimensi karena didukung juga oleh GPU 4-core graphics. Rasanya game seberat apapun bisa digunakan dengan lancar menggunakan HP ini. 

Tentunya selain game, iPhone XR juga bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang berat, seperti aplikasi pengeditan foto dan video. Dengan demikian, Anda bisa melakukan hampir semua pekerjaan dari ponsel.

3. Kamera Berkualitas

Bukan iPhone namanya kalau kualitas kameranya tidak biasa saja. Walaupun dengan kamera 12 MP Anda bisa mendapatkan hasil foto yang berkualitas. Semua ini berkat fitur kameranya yang mendukung pemotretan atau perekaman gambar dalam kondisi cahaya apapun. 

Adapun fitur yang penting pada HP ini adalah penstabilan gambar otomatis yang membantu Anda mengambil foto dengan stabil pada saat objek bergerak. Kemudian ada mode pencahayaan serta fitur Live Photo yang bisa menangkap rentang warna yang luas. Dengan dukungan fitur dari kamera iPhone XR, Anda bahkan bisa menghasilkan foto profesional.

Selain foto, iPhone XR juga cocok untuk perekaman video. HP ini mampu merekam video dengan kualitas HD 720p dan HD 1080p. Seperti pada pengambilan foto, Anda bisa menemukan fitur penstabilan gambar optik untuk video. Dukungan dari fitur ini, membuat hasil rekaman lebih jelas dan tidak terdistorsi. 

4. Kapasitas Baterai yang Besar

Faktor ini juga menjadi penyebab kenapa iPhone XR tetap oke untuk 2021. Kapasitas baterai yang ditawarkan cukup besar. Baterai pada iPhone XR dapat digunakan untuk mendengarkan audio selama 65 jam dan pemutaran video 16 jam. 

Anda bisa dengan nyaman bekerja atau bepergian tanpa takut baterai HP tiba-tiba drop. Kualitas ini sama dengan HP flagship dari brand lain yang lebih mahal. Oleh karenanya, jika Anda menghabiskan banyak waktu di jalan, maka iPhone XR harus jadi pertimbangan untuk alat komunikasi mobile Anda. 

Baterai iPhone ini kompatibel dengan pengisi daya tanpa kabel (Qi9). Tentunya Anda juga bisa mengisi ulang daya seperti biasa menggunakan charger atau kabel USB yang dihubungkan ke laptop. 

5. Tahan Air dan Debu

Satu lagi kelebihan dari iPhone XR untuk Anda yang lebih banyak beraktifitas di luar ruangan. Perangkat hardware dari seri ini tahan debu dan air. Hal ini menjadikan HP tetap awet walaupun digunakan di lingkungan berdebu atau basah. 

Ketahanan iPhone XR terhadap air sudah mendapatkan sertifikasi IP67. Di mana terbukti bahwa HP ini tahan air dengan kedalaman maksimum satu meter selama 30 menit. Dari informasi ini sudah bisa diketahui bahwa perangkat HP iPhone XR bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Satu hal yang harus diingat, jangan mengisi ulang daya ketika HP Anda dalam keadaan basah. Keringkan terlebih dahulu untuk digunakan kembali atau diisi ulang dayanya. Hal ini untuk menghindari kerusakan perangkat HP Anda. Pada kasus terburuknya, hal ini bisa menyebabkan korsleting dan kerusakan jangka panjang. 

Kelemahan iPhone XR

Sebagaimana produk lainnya, iPhone XR pun memiliki kelemahan. Kelemahan yang ingin kami tekankan kali ini adalah panel LCD. Di mana layar LCD ini tidak menghasilkan gambar sebagus LED. 

Selain itu, layar LCD juga membutuhkan daya yang lebih besar dibanding layar LED. Jadi, walaupun kapasitas baterai besar, namun komponen lain seperti layar membutuhkan daya besar juga. Hal ini tentunya menjadikan Anda tidak bisa menggunakan HP dalam waktu lama. 

Dilihat dari kelebihan dan kelemahannya, iPhone XR masih tetap pantas untuk disandingkan dengan HP keluaran 2021. Teknologi yang disajikan tidak ketinggalan, dan mendukung gaya hidup pada saat ini. 

Sekarang waktunya mencari iPhone XR untuk Anda miliki di blibli. Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi, serta jangan sungkan untuk chat penjual terlebih dahulu sebelum membeli.kbc10

Bagikan artikel ini: