Perkuat Ekspor, Kapal Api Group Resmikan Pabrik Senilai Rp3 Triliun di Semarang

Kamis, 31 Agustus 2023 | 09:01 WIB ET

SEMARANG, kabarbisnis.com: Kapal Api Group melalui anak perusahaan, PT Santos Jaya Abadi meresmikan pabrik barunya di Semarang, Jawa Tengah, Senin (28/8/2023). Pabrik baru ini dibangun di atas tanah seluas 20 hektar, terletak di Kawasan Industri Candi tahap V, Ngaliyan dengan nilai investasi lebih dari Rp 3 triliun.

Pabrik tersebut akan memproduksi produk-produk yang selama ini telah diterima oleh masyarakat Indonesia, seperti Kopi Kapal Api, Kopi ABC, Kopi Good Day dan masih banyak lainnya.

Owner dan Direktur Utama PT Santos Jaya Abadi Soedomo Mergonoto mengatakan, ini merupakan perluasan produksi dari produk-produk Kapal Api Group melalui pabrik keempat dari Santos Jaya Abadi.

Menurut dia, pabrik ini tidak hanya menjadi fasilitas produksi, namun juga menjadi simbol dari komitmen perusahaan yang selama puluhan tahun dipegang teguh, yaitu inovasi, kualitas, komitmen pada pengembangan sumber daya manusia, dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Keberhasilan Kapal Api yang kini menjadi salah satu terbesar. Dulu saya menjual kopi satu hari 50 kaleng dan 500 kg sudah luar biasa. Dari sana mulai berkembang sampai hari ini bukan 500 kg per hari, tapi 450 ton perhari. Ini tidak lepas dari dukungan masyarakat," kata Soedomo saat meresmikan pabrik baru tersebut.

Dijelaskan, pabrik baru ini telah menggunakan mesin modern. Hal itu sebagai wujud kesiapan Santos Jaya Abadi untuk memperluas pasar ekspor.

"Semua mesin ini yang paling modern untuk mengantisipasi 10 tahun yang akan datang dan untuk orientasi ekspor ini sangat diperhatikan, sehingga kami buat pabrik kopi dengan mesin yang lebih modern," sebutnya.

Kehadiran pabrik baru di Semarang ini juga diharapkan akan menciptakan lapangan kerja baru yang akan turut meningkatkan kesejahteraan warga lokal di sekitar pabrik.

"Kami juga sangat antusias dimana pabrik ini mampu menyerap banyak lapangan kerja, yang mana sebagian besar karyawan diprioritaskan dari daerah sekitar lokasi pabrik. Dengan teknologi terdepan dan didukung oleh SDM yang berkualitas, pabrik ini akan mewujudkan visi kami untuk senantiasa menghadirkan produk berkualitas tinggi," ujarnya.

Direktur Utama Kapal Api Group, Robin Setyono menyampaikan terima kasih kepada semua pihak sehingga ekspor ke Timur Tengah ini dapat terwujud.

Menurut dia, peresmian ini adalah tonggak bersejarah yang menandai langkah besar perusahaan dalam memperluas cakupan bisnisnya kepada seluruh konsumen di berbagai belahan dunia.

Produk dari Kapal Api Group kini akan menjadi lebih mudah diakses oleh konsumen internasional, sejalan dengan dedikasi perusahaan untuk memberikan nilai tambah dan kualitas terbaik kepada pelanggan.

"Ini merupakan perluasan produksi kami yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga memenuhi kebutuhan global. Kami harap ini turut memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan memberikan manfaat seluruh masyarakat," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: