Dekati anak muda, Daihatsu hadirkan Urban Fest di Surabaya

Jum'at, 5 Mei 2023 | 06:38 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sukses menjadi pilihan bagi para keluarga Indonesia, Daihatsu mulai memperkuat segmentasi pasarnya ke generasi muda. Kali ini, momen itu dikemas dalam sebuah even bertajuk Daihatsu Urban Fest Level Up, yang berlangsung di Atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya, pada 4 - 7 Mei 2023.

Melalui kegiatan tersebut, Daihatsu berkomitmen terus hadir dan mendekatkan diri kepada pelanggan, khususnya para generasi muda yang ada di berbagai kota besar di Indonesia, salah satunya Surabaya.

Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardiman mengatakan, upaya itu ditunjukkan dengan menyediakan rangkalan program hiburan atraktif kekinian, sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mewujudkan impiannya memiliki mobil baru Daihatsu.

"Acara yang berlangsung selama 4 hari ini siap menyambut para pengunjung yang ingin mewujudkan impiannya untuk memiliki mobil baru Daihatsu dengan beragam kemudahan program pembelian yang menarik," katanya pada pembukaan Daihatsu Urban Fest di Surabaya, Kamis (4/5/2023).

Selama acara, Daihatsu juga menyediakan unit test drive bagi para pengunjung yang penasaran dan tertarik ingin merasakan sensasi berkendara dengan line up andalannya, seperti All New Astra Daihatsu Ayla, dan Daihatsu Rocky.

"Melalui acara ini, Daihatsu dapat lebih dekat dengan para sahabat di seluruh area di Indonesia, sehingga mereka bisa berekspresi menikmati jiwa mudanya lewat acara yang fun dan positif. Semoga program ini dapat menghibur dan menginspirasi pelanggan, khususnya para milenial, dan keluarga muda di area Surabaya dan sekitarnya," ujar Rudy.

Ditambahkannya, dibidiknya segmen anak muda karena berdasarkan data yang ada, populasi mereka di Indonesia, khususnya dengan usia 20 - 34 tahun sebesar 33 persen.

"Dan di Daihatsu, konsumen kita bukan saja keluarga tapi juga anak muda dan angkatan kerja awal dengan usia milenial. Nah, kita terus memperkuat segmen ini," ucapnya.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengungkapkan, mereka yang membeli produk Daihatsu biasanya keluarga muda dengan anak satu sehingga belum membutuhkan space (ruang) yang terlalu besar. Ini merupakan segmen yang dibidik.

"Kita punya line up produk untuk mereka, seperti All New Astra Daihatsu Ayla, Daihatsu Rocky, dan Sirion," jelasnya.

Memang, pihaknya tidak bisa memastikan berapa persen kontribusi segmen anak muda pada penjualan produk Daihatsu, karena kadang konsumen membeli atas nama orang tua namun untuk dipakai anaknya, dan sebagainya.

"Namun jika melihat konsumen yang pure anak muda, Daihatsu Rocky bisa dipastikan pemakainya memang milenial. Nah, pada tahun 2022 lalu, kontribusi penjualan Rocky sebesar 6 persen untuk Daihatsu. Jadi konsumen kami dari anak muda bisa dibilang minimal 7 persen. Dan itu akan terus kami tingkatkan, salah satunya melalui even semacam ini," ujarnya.

Region Head ADM Jawa Timur, David Gunawan menambahkan, pasar otomotif di Jatim dalam 4 tahun terakhir terus meningkat. Pada 2023 ini, market di Jatim juga naik 3 persen.

"Khusus Daihatsu, memang di akhir tahun lalu hingga awal tahun ini market share-nya turun ke angka 18-19 persen. Namun pada Maret mulai kembali bangkit. Nah, dengan gelaran Daihatsu Urban Fest ini kami berharap jadi kesempatan untuk mempertahankan market share di angka 20 persen," ujarnya.

Sebagai tambahan, pada even Daihatsu Urban Fest tersebut, Daihatsu siap menyambut para pengunjung dengan menyediakan beragam hiburan seru seperti kompetisi live band, standup comedy, dan Photo Installation, yang berkesempatan mendapat hadiah berupa uang jutaan rupiah, ditambah merchandise menarik, serta menyaksikan artist performance oleh Dikta pada 6 Mei 2023.

Selain Surabaya, Daihatsu Urban Fest juga digelar di 6 kota lainnya. Sebelumnya telah sukses diselenggarakan di Balikpapan, Makassar, Medan, dan Bandung sejak November 2022 lalu hingga saat ini. kbc7

Bagikan artikel ini: