Pengiriman mobil listrik Tesla kuartal III kembali tembus rekor

Selasa, 5 Oktober 2021 | 08:55 WIB ET

CALIFORNIA, kabarbisnis.com: Tesla Inc telah mencapai rekor dalam mengirimkan mobil listrik pada kuartal yang berakhir pada September 2021. Pengiriman ini mengalahkan perkiraan Wall Street.

Capaian tersebut seiring dengan permintaan CEO Tesla Elon Musk yang meminta staf untuk terus mendorong pengiriman pada akhir kuartal.

Tesla telah melewati krisis chip lebih baik daripada para pesaingnya dengan pengiriman keseluruhannya melonjak 20% pada periode Juli hingga September dari rekor sebelumnya pada kuartal kedua. Ini menandai kenaikan kuartalan untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

"Di China, peningkatan ekspor ke Eropa dan pengenalan Model Y yang lebih murah membantu meningkatkan produksi Tesla," ujar para analis seperti dikutip dari Reuters, Minggu (3/10/2021).

Pada bulan lalu, Musk mengatakan Tesla sedang mengalami kekurangan suku cadang yang sangat parah pada awal kuartal ketiga. Dia juga telah mendesak karyawan untuk mendorong pengiriman akhir kuartal.

"Gelombang pengiriman akhir kuartal kali ini luar biasa tinggi," kata Musk dalam sebuah pernyataan.

Asal tahu saja, Tesla telah mengirimkan sekitar 241.000 kendaraan secara global pada kuartal Juli hingga September atau naik 73% dari tahun sebelumnya. Padahal, para analis memperkirakan produsen mobil listrik tersebut cuma akan mengirimkan 229.000 kendaraan dalam periode waktu tersebut.

Tesla mengatakan telah mengirimkan 232.000 mobil Model 3 dan kendaraan sport Model Y dan 9.275 mobil Model S dan Model X andalannya kepada pelanggan di kuartal tersebut.

Total produksi naik lebih dari 15% menjadi 238.000 kendaraan dari kuartal sebelumnya. Pada bulan Agustus, pabrik Tesla di Shanghai telah mengekspor lebih dari dua pertiga kendaraannya ke Eropa dan negara-negara Asia.

Sedikit berbeda, General Motors, Honda, dan beberapa pesaingnya yang lebih besar masih membukukan penurunan penjualan di AS dalam periode tersebut karena kekurangan chip yang berkepanjangan. Penjualan GM turun hampir 33% ke level terendah dalam lebih dari satu dekade.

Sementara itu, Tesla masih menghadapi pengawasan dari regulator dan publik serta persaingan yang berkembang dari saingan lokal. kbc10

Bagikan artikel ini: