Natal 2018, tol Trans Jawa dari Merak ke Pasuruan bisa dilalui

Kamis, 26 Juli 2018 | 08:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Trans Jawa dapat digunakan pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Tol sepanjang 920 km tersebut menghubungkan kawasan Merak, Banten, sampai Pasuruan, Jawa Timur.

Kementerian pun menargetkan penambahan rest area sementara untuk meningkatkan kelancaran arus mudik lebaran tahun 2019 agar lebih baik dari tahun ini. "Selain rest area permanen, kami akan tambah rest area sementara yang akan dibuka saat lebaran, natal, tahun baru dan libur panjang," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulis, Rabu, 25 Juli 2018.

Selain itu, kementerian bakal membangun beberapa ruas tol baru, di antaranya ruas Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) dan Yogyakarta-Solo. Pembangunan kedua tol tersebut untuk mengimbangi pembangunan ruas tol di kawasan Pantai Selatan, yang masih minim dibandingkan Pantai Utara.

Basuki mengatakan tol Semarang-Demak dan Cigatas bakal segera dilelang dan ditargetkan bisa dimulai pembangunannya tahun ini. Upaya lain untuk memantapkan sistem jaringan jalan nasional adalah dengan mengurangi beberapa perlintasan sebidang kereta api, melalui pembangunan Jalan Lingkar Tonjong pada ruas Prupuk-Bumiayu-Purwokerto, dan Underpass Karang Sawah akan diselesaikan pada tahun 2018.

Selain itu, pembangunan jalan layang untuk mengurai kemacetan di perlintasan kereta diprioritaskan dibangun tahun 2019. "Kami akan bangun di Flyover Kroya yang ada di antara ruas Purwokerto ke Cilacap," ujarnya.

Menurut dia, tantangan yang perlu diatasi termasuk dalam pembangunan Tol Trans Jawa antara lain ekspektasi masyarakat yang lebih tinggi akan layanan infrastruktur yang semakin cepat, aman, dan nyaman. Euforia masyarakat pun demikian yang ingin menggunakan infrastruktur saat mudik seperti yang terjadi pada Lebaran 2018. kbc10

Bagikan artikel ini: