Kalah bersaing, Mozilla stop sistem operasi Firefox

Senin, 22 Februari 2016 | 08:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Setelah tiga tahun beroperasi, sistem operasi smartphone yang dikembangkan Firefox akhirnya akan dihilangkan.

Dilansir dari Phys.org, sistem operasi yang dikembangkan oleh komunitas developer Mozilla sebagai sistem open-source ini, gagal meraih daya tarik di perangkat smartphone. Alasan OS Firefox berhenti beroperasi dikarenakan kalah bersaing di pasar.

"Melalui kerja keras dari ratusan kontributor, kami sebenarnya telah membuat dorongan yang kuat hingga menciptakan platform yang luar biasa untuk sistem operasi Firefox," ungkap George Roter, salah satu developer dari Mozilla. "Meski demikian, kekuatan di sistem operasi lain yang telah didirikan sebelumnya menuntut kami untuk lebih kompetitif. Kondisi tersebut tidak mendukung Mozilla untuk menjadi pilihan di ranah smartphone komersil," tambahnya.

Roter juga menyatakan bahwa Mozilla telah mencanangkan rencananya untuk mengakhiri dukungannya terhadap smartphone, pasca OS 2.6 rilis. Dengan ini berarti sistem operasi Firefox akan resmi 'hidupnya berakhir' pada bulan Mei mendatang.

Sebenarnya Mozilla mengambil jalur yang menarik untuk Firefox, yakni ingin memproduksi perangkat murah dengan sistem operasi Firefox. Mereka bekerja sama dengan perusahaan smartphone asal Spanyol, Geeksphone, dalam pengembangan sistem operasinya. Sementara perangkat kerasnya diproduksi oleh ZTE dan TCL keluaran China. Smartphone ini dibanderol dengan sangat murah, hanya seharga Rp 350 ribu. kbc10

Bagikan artikel ini: