Danamon gelar literasi keuangan bagi UKM di 9 kota di Indonesia

Kamis, 7 Januari 2016 | 17:57 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) sukses menggelar program literasi  keuangan dengan nama  “Pojok  BISA” mulai Agustus hingga Desember 2015 di 9 kabupaten/kota di Indonesia.

Dalam kegiatan  ini, Danamon menyalurkan dana  lebih dari Rp 499 juta dan mengedukasi  lebih  dari  11.680  ribu  anggota masyarakat yang terdiri dari pengusaha mikro khususnya pedagang pasar, ibu rumah tangga, pelajar, pegawai negeri sipil, dan karyawan koperasi.

Head of Public Affairs Danamon, Zsa Zsa Yusharyahya mengatakan, kegiatan itu merupakan wujud komitmen Danamon dalam mendukung Program Literasi Keuangan Otoritas  Jasa Keuangan  (OJK) guna meningkatkan  pengetahuan,  keterampilan  dan keyakinan  konsumen  dan  masyarakat  luas  sehingga  mereka  mampu  mengelola keuangan dengan lebih baik.  

“Danamon mendukung program  literasi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan melalui kegiatan Pojok  BISA. Harapan  kami Pojok  BISA  akan meningkatkan  pemahaman  anggota masyarakat khususnya para pedagang pasar dalam memilih dan memanfaatkan produk dan  jasa keuangan. Pada  akhirnya membantu  mereka  mengelola  keuangan  dengan  baik  untuk  meningkatkan kesejahteraan hidupnya, sejalan dengan visi Danamon: “Kita peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan.” ujar Zsa Zsa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/1/2016).  

Literasi keuangan Danamon  melalui  kegiatan  Pojok  BISA  disampaikan  dalam program kelas pelatihan, melalui talkshow di radio dan informasi di media cetak. Dalam program kelas pelatihan ini,  Danamon menghadirkan  pembicara  yang  berasal  dari  karyawan  Danamon  dan  konsultan pengembangan  bisnis dan keuangan  sebagai  fasilitator  yang  mengajarkan  bagaimana  cara membuat  pembukuan bagi pedagang pasar, mengelola  keuangan  rumah  tangga,  dan  kiat-kiat mengembangkan usaha sehingga para peserta mendapatkan pengetahuan dan wawasan dalam melakukan pengelolaan keuangan untuk meningkatkan kesejahteraannya.  

Danamon  juga  menyerahkan 150 buku mengenai  Pengenalan  OJK dan  Lembaga Keuangan kepada para pelajar SMP dan SMA di kota–kota dimana Pojok BISA dilaksanakan bekerja sama dengan Yayasan Danamon Peduli dan pemerintah daerah setempat.  

Edukasi melalui Pojok BISA dilakukan  di 9 kabupaten/kota dengan  peserta  yang berasal dari pedagang di 19 pasar rakyat yaitu Pasar Kembang, Surabaya, Jawa Timur; Pasar Baru; Pasar Wonoasih; Pasar Gotong  Royong;  Pasar Mangunharjo;  Pasar  Kronong;  Pasar  Randupangger; Pasar  Umbul di Kota Probolinggo, Jawa  Timur; Pasar  Ngasem,  Pasar  Karangwaru,  Pasar Bringharjo di Kota Yogyakarta, Jawa Tengah; Pasar Lama, Tangerang, Jawa Barat; Pasar Kebon Kembang, Bogor,  Jawa  Barat;  Pasar  Kemuning;  Pasar  Flamboyan;  Pasar  Teratai di Kota Pontianak, Kalimantan Barat; Pasar Ibuh; Pasar Atas di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat; dan Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur. kbc7

Bagikan artikel ini: