Harga Terus Bergerak Liar, Pemerintah Kebut Impor Gula

Senin, 16 Oktober 2023 | 18:31 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Harga gula terus bergerak naik hingga menembus di atas Rp 15.500 per kilogram (kg). Ternyata, realisasi izin impor yang dipegang BUMN dan swasta baru 26% dari kuota yang diberikan pemerintah.

Kepala Badan Pangan Nansional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mendesak para importir importir gula baik BUMN dan swasta merealisasikan impor gula yang sudah diperoleh. Dalam catatannya, realisasi impor gula hingga kini baru mencapai 26% dari kuota impor gula tahun ini sejumlah 991.000 ton.

Dia meminta para importir untuk tidak merealisasikan izin impornya hanya dari kacamata untung-rugi. "Importasi bukan cuman soal harga, tapi pemenuhan stok. Tolong disampaikan pada seluruh importir supaya melakukan penugasan seperti yang sudah disampaikan," kata Arief dalam peluncuran Gerakan Pangan Murah, Senin (16/10/2023).

Adapun perusahaan pelat merah memegang izin impor gula konsumsi sejumlah 500.000 ton tahun ini. Perusahaan yang dimaksud adalah PT Rajawali Nusantara Indonesia atau ID Food dan PT Perkebunan Negara.ID Food tercatat telah mengimpor gula konsumsi sebanyak 125.000 ton pada awal tahun ini.

Arief telah menugaskan ID Food untuk memenuhi seluruh kuota impornya pada akhir tahun ini atau sebanyak 125.000 ton. Arief meyakinkan para importir pemenuhan izin impor gula dalam waktu dekat tidak akan membuat para importir rugi.

Sebab, Arief berkomitmen akan mengkaji ulang Harga Acuan Pembelian atau HAP gula di tingkat konsumen. "Enggak usah khawatir akan rugi. Jadi, tolong dipenuhi stoknya, kami akan duduk sama-sama," katanya.

Data Index Mundi menunjukkan, harga gula internasional telah naik 28,57% secara tahun berjalan menjadi US$0,54 per Kg. Kenaikan harga gula dipengaruhi oleh pelemahan rupiah, kemampuan produksi domestik, harga gula internasional, dan stok dalam negeri.

Bapanas mendata, rata-rata nasional harga gula konsumsi telah mencapai Rp 15.540 per kilogram (kg) hari ini, Senin (16/10/2023).Harga gula telah naik Rp 100 per Kg selama sepekan terakhir. Harga gula tertinggi ditemukan di Papua senilai Rp 19.840 per kg.

Sedangkan harga terendah ada di Jawa Timur atau Rp 14.520 per Kg. Dengan demikian, harga gula di penjuru negeri telah lebih tinggi dari HAP gula saat ini senilai Rp 14.500 per Kg. kbc11

Bagikan artikel ini: