Suzuki Pastikan Konsumen Tak Tunggu Lama Inden New XL7 Hybrid

Minggu, 18 Juni 2023 | 21:05 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Suzuki resmi meluncurkan produk Medium SUV Hybrid terbaru yaitu New XL7 Hybrid pada 15 Juni 2023 di Jakarta. Banyak ubahan yang dilakukan mulai dari eksterior, interior, hingga fitur keamanan.

XL7 menjadi model kendaraan ketiga Suzuki yang disuntik dengan teknologi Suzuki Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) setelah Ertiga dan Grand Vitara.

Meski produk baru dengan teknologi baru, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan ketersediaan New XL7 Hybrid di seluruh dealer Suzuki. "XL7 Hybrid ini sudah tersedia di semua dealer kami dan konsumen juga sudah bisa melakukan test drive," kata Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W SIS di sela peluncuran dan serah terima unit perdana New XL7 Hybrid di Cimory, Prigen, Pasuruan, Sabtu (17/6/2023).

Tak hanya itu, konsumen juga tak akan menunggu lama karena Suzuki sudah melakukan pengiriman unit ke konsumen. "Kita sudah delivery ke konsumen. Jadi tak ada kata menunggu lama," lanjutnya.

Demi mengantisipasi inden panjang, Suzuki juga telah memperhitungkan jumlah produksi dengan kebutuhan konsumen. "Kami mencoba untuk memprediksi kebutuhan dari konsumen (XL7 Hybrid), baik itu varian dengan warna single tone maupun two tone agar bisa cepat terpenuhi," paparnya.

Harold Donnel menuturkan, sejak hadir di pasar Tanah Air pada Februari 2020 lalu, XL7 langsung mendapat sambutan positif konsumen, terbukti dengan kontribusi yang mencapai 15-16 persen dari total penjualan Suzuki.

"Kami bersyukur animo konsumen sangat tinggi terhadap New XL7 Hybrid dengan membludaknya permintaan melalui inden. Untuk itu kami optimis penjualan New XL7 hingga akhir tahun ini bisa mencapai 12.000 unit secara nasional," ujarnya.

Sales & Marketing Director PT United Motors Centre (UMC) selaku authorized dealer mobil Suzuki di Jatim, Fredy Teguh menambahkan, hingga saat ini sudah ada 50 lebih inden New XL7 Hybrid di Jawa Timur. Dan tepat saat hari peluncuran di Jatim, pihaknya sudah melakukan serah terima kepada beberapa konsumen.

"Hari ini juga secara simbolis dilakukan penyerahan kepada dua konsumen pertama New XL7 Hybrid di Jatim. Demikian juga dengan konsumen lain segera juga akan terdelivery. Jadi soal pasokan dijamin lancar," ujarnya.

Dengan kenyataan tersebut, dia optimistis penjualan New XL7 Hybrid bisa mencapai 200 unit per bulan di Jatim. "Angka ini naik dibanding penjualan varian XL7 sebelumnya yang rata-rata sebanyak 150 unit per bulan di Jatim," tandas Fredy.

Untuk diketahui, daya tarik yang terdapat pada New XL7 Hybrid meliputi sejumlah pembaruan pada sektor dapur pacu, tampilan eksterior, kelengkapan interior serta fitur keselamatan. Saat ini, New XL7 Hybrid menggunakan mesin K15B yang dipadukan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang lebih ramah lingkungan dan efisien. SHVS meliputi 2 komponen penting yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang akan membantu meringankan kinerja mesin 1.500cc berkode K15B.

Perangkat teknologi tersebut memungkinkan adanya fungsi engine auto start-stop yang bekerja untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar ketika tidak diperlukan, sehingga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar pun dapat dikurangi selama perjalanan. Teknologi SHVS yang praktis dan terbukti minim biaya perawatan ini tidak perlu dikhawatirkan oleh penggunanya, karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun.

New XL7 Hybrid hadir dengan tiga varian berbeda yang dapat menjadi pilihan bagi konsumen yaitu Alpha, Beta, dan Zeta. Pada varian Alpha, hadir dengan pilihan warna baru yaitu New Savanna Ivory - Black dan Snow White Pearl - Black sambil melengkapi pilihan warna yang sudah ada seperti Sunrise Orange - Black dan Cool Black. Kemudian untuk varian Beta dan Zeta terdapat 4 pilihan warna yaitu Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black. Untuk transmisinya, New XL7 Hybrid memiliki 2 pilihan yaitu automatic transmission (AT) dan manual transmission (MT).

New XL7 Hybrid ditawarkan dengan harga on the road Surabaya yakni XL7 Hybrid Alpha AT Rp 314.500.000, XL7 Hybrid Alpha MT Rp 304.000.000, XL7 Hybrid Beta AT Rp 303.500.000, XL7 Hybrid Beta MT Rp 293.250.000, XL7 Zeta AT Rp 277.250.000, XL7 Zeta MT Rp 266.000.000. kbc7

Bagikan artikel ini: