Kisah keluarga pedangdut Via Vallen yang dikucilkan tetangga gegara sang adik positif Covid-19

Sabtu, 30 Mei 2020 | 09:49 WIB ET
Via Vallen
Via Vallen

KISAH pedangdut Via Vallen ternyata tak seindah saat tampil di panggung. Hal ini terungkap wanita yang tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur ini mengetahui keluarganya dijauhi para tetangga setelah mengumumkan sang adik positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Dia menuangkan isi hatinya itu melalui Insta Story.

"Pas aku posting soal kondisi keluargaku, beberapa tetangga menjauh seperti lihat setan kalau lihat anggota keluargaku lewat," tulis Via, dikutip dari akun Instagram @lambe_turah, Jumat (29/5/2020).

"Kalau memang semenakutkan itu, kemarin bulan puasa full tiap hari bagi-bagi sembako tiap pagi sampai sore menjelang maghrib bagi-bagi makanan buat buka tiap hari juga, pasti yang ambil sudah ketularan juga, tapi buktinya kalian baik-baik aja," lanjutnya.

Bahkan Via mendengar ada rencana demo dari tetangganya. Dia merasa hal ini berlebihan dan menegaskan bahwa adiknya telah melaksanakan karantina mandiri selama lebih dari dua minggu, terhitung dari 29 April silam.

"Pakai acara mau demo segala, ketakutannya terlalu berlebihan seolah-olah corona ini aib! Keterlaluan sekali," ungkap pelantun Sayang itu.

Lebih lanjut, Via menuturkan bahwa ia beserta keluarga tak ada niatan untuk membahayakan warga sekitar. Karena itulah, perempuan asal Sidoarjo itu mengurung adiknya di ruangan khusus dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Sang penyanyi mengatakan sudah menerapkan protokol kesehatan terkait isolasi mandiri di rumah untuk sang adik.

Via mengaku telah membuat area khusus untuk adiknya. Hal itu dilakukan karena ia tak mau membahayakan anggota keluarga yang lain.

"Lagian kita jg ga mau ngebahayain kalian. Jangankan kalian, dirumahku ada orang tua gak mungkin aku ngebahayain mereka. Makanya adekku tak kurung ga boleh keluar dr areanya meskipun cuma ke dapur!" tulisnya di Instagram Stories.

Sebelumnya, Via Vallen bercerita panjang lebar di unggahannya tentang kondisi kesehatan sang adik, Alvin.

Awalnya sang adik didiagnosis mengidap pneumonia. Menjalani rapid test hasilnya non reaktif.

Merasa khawatir, Via Vallen meminta adiknya melakukan tes swab corona. Mengejutkan, hasilnya positif terinfeksi virus corona.

Melalui akun Instagram miliknya, Via Vallen Via Vallen menegaskan adiknya sudah diisolasi dan tidak berinteraksi langsung dengan siapa pun di dalam rumah.

Bahkan, sang adik menggunakan alat makan dan mandi tersendiri serta diisolasi di ruang yang terpisah dengan keluarga.

"CORONA BUKAN AIB!! Adekku aman dirumah, tidak ada kontak langsung dengan keluarga Kita sangat menjaga jarak," tulis Via Vallen.

"Dia punya area sendiri (kamar tidur, kamar mandi dan ruangan untuk narok makanan dan minuman tanpa harus kontak langsung, dia pake alat makan sekali pakai buang, dia cuci pakaiannya sendiri, bersih-bersih sendiri )," kata Via Vallen melanjutkan.

Rupanya, curahan hati Via Vallen itu menimbulkan rasa panik keluarga besarnya karena khawatir akan dikucilkan masyarakat.

"Keluargaku panik karena postinganku semalam, takut makin dikucilkan karena sebagian masih banyak yang enggak tahu kalau anggota keluargaku ada yang positif #corona," tulis Via Vallen.

Pelantun tembang "Sayang" itu pun menjelaskan tujuannya berbagi cerita tentang kondisi adiknya. "Maksud postinganku adalah, orang yang sudah rapid hasilnya NR (non reaktif) belum tentu TIDAK TERPAPAR," ujar Via.

Oleh karenanya, Via Vallen meminta masyarakat agar tidak mengucilkan siapapun mereka yang terinfeksi virus corona.

Pasalnya, virus corona dapat dihindari dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah diberikan pemerintah.

"Corona enggak terbang kok, selagi mengikuti aturan untuk pakai masker dan sering cuci tangan ya kalian bakal AMAN," kata Via Vallen.

"Jadi tolong jangan mengucilkan orang-orang yang positif corona. Kalau kalian ada kepentingan yang mengharuskan keluar rumah pakailah APD (MASKER) bisa pake masker kain yang bisa dicuci terus dipakai lagi biar enggak boros," tulis Via Vallen menegaskan.

Lebih lanjut, Via Vallen juga mengungkapkan, keluarganya yang lain dalam kondisi sehat. Sebab, telah menjalani pemeriksaan kesehatan saat adiknya divonis mengidap pneumonia.

"Kalo emang kita niatnya jelek udh dr awal pas ketahuan adekku positif pas rame rame orang nunggu sembako AKU SURUH AJA DIA BERSIN DI DEPAN KALIAN SEKALIAN biar gak tanggung2. Kita udah jaga baik2 sesuai PROTAP," tuturnya.

Namun, Via Vallen heran masih ada warga yang ketakutan dengan keluarganya. Bahkan, katanya, setiap anggota keluarganya lewat para tetangga seperti melihat setan.

"Kalian masih aja begitu responnya LUAR BIASA JAHAT SEKALI," katanya.

Karena kejadian itu, Via mengatakan adiknya dikucilkan orang-orang. Sang pedangdut langsung pasang badan. kbc10

Bagikan artikel ini: