Toyota Astra siapkan strategi penjualan baru hadapi new normal

Kamis, 28 Mei 2020 | 16:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Toyota Astra Motor (TAM) siap beradaptasi dengan skema New Normal di masa pandemi virus corona (Covid-19). Dari sisi pemasaran, TAM akan mulai serius menggarap segmen penjualan berbasis online.

"Tentu TAM bersama dealer siap untuk beberapa skenario, termasuk New Normal. Mulai dari penyesuaian protokol Covid-19 hingga bagaimana melakukan sales marketing kombinasi online dan offline,," ujar Direktur Marketing Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy seperti dikutip, Kamis (28/5/2020).

Kombinasi online dan offline, kata dia merupakan bagian dari kebutuhan konsumen. Menurut dia, saat ini konsumen juga sudah terbiasa dengan dunia digital. "Dealer-dealer kami juga sudah masuk ke beberapa marketplace," ujarnya.

TAM sendiri diketahui telah memiliki berbagai platform digital untuk menjangkau konsumen dan calon konsumen. Mulai dari Facebook, Twitter , Youtube, Instargram, serta yang terbaru chatbot Toyota dan aplikasi mTOYOTA. Sementara untuk pelayanan konvensional atau offline, saat ini Toyota Astra Motor sudah memiliki 332 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain layanan penjualan dan pemasaran, TAM juga tak luput memperhatikan layanan aftersales di era New Normal atau masa pandemi Covid-19. Pihaknya pun terus berupaya meningkatkan bagaimana layanan aftersales, supaya konsumen merasa nyaman dan aman.

"Misalnya melakukan disinfektan," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: