Prodia layani pemeriksaan PCR Covid-19 secara real time dan akurat

Selasa, 12 Mei 2020 | 06:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) siap menyediakan pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR Covid-19).

Ini adalah metode yang mendeteksi 3 target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP sesuai dengan protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO). 

Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty mengatakan, pemeriksaan PCR Covid-19  merupakan pemeriksaan utama untuk skrining dan sekaligus menegakkan diagnosis seorang pasien terkonfirmasi positif infeksi SarsCoV-2. Pemeriksaan ini diklaim bisa langsung mendeteksi keberadaan virus melalui materi genetiknya dengan lebih akurat.

“Pemeriksaan PCR Covid-19 ini mulai dapat dilakukan di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Prodia (Prodia National Referral Laboratory/PNRL) sejak tanggal 11 Mei 2020,” katanya, Senin (11/5/2020).

Dikatakannya, permintaan pemeriksaan PCR Covid-19 ini dapat dilakukan di seluruh cabang Prodia dalam bentuk rujukan sampel swab nasofaring dan orofaring dari Rumah Sakit/Klinik dan layanan kesehatan lain. 

Dewi  mengatakan, Prodia terus berupaya untuk terus berkontribusi mendukung pemerintah dalam menangani Covid-19 di Indonesia melalui penyediaan pemeriksaan PCR Covid-19 yang sesuai dengan protokol WHO.

Product Manager Prodia Trilis Yulianti menambahkan perbedaan antara rapid test dan metode PCR untuk pemeriksaaan Covid-19 adalah materi yang di deteksi dan sampel yang digunakan.

Pemeriksaan rapid test mendeteksi antibodi IgM dan IgG dari SARS-CoV-2 menggunakan sampel darah. Sedangkan, pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (PCR) menggunakan sampel swab nasofaring dan orofaring pasien yangsecara langsung mendeteksi virusnya. 

“Kami menerima sampel rujukan dari rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya. Pengambilan sampel swab ini dilakukan oleh tenaga kesehatan rumah sakit yang telah memiliki kompetensi keahlian dalam pengambilan sampel swab,” jelas Trilis. 

Prodia menyediakan dua jenis pemeriksaan terkait Covid-19 yakni pemeriksaan serologi cepat (rapid test antibodi) anti SARS-CoV-2 IgM/IgG, dan pemeriksaan SARS-CoV-2 real-time RT-PCR. 

Bagi pasien yang berminat melakukan rapid test antibodi, dapat mengunjungi cabang Prodia tertentu atau menghubungi Kontak Prodia di 1500-830 terlebih dahulu untuk informasi lebih lanjut. 

Untuk pemeriksaan PCR Covid-19, Prodia tidak melakukan pengambilan sampel swab di klinik Prodia, namun menerima sampel swab rujukan dari rumah sakit, klinik atau fasilitas layanan kesehatan lainnya yang kemudian dilakukan pemeriksaannya di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Prodia. kbc10

Bagikan artikel ini: