PTPN XII bagi sembako dan masker ke warga sekitar kantor pusat

Senin, 11 Mei 2020 | 16:25 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) bersama sejumlah karyawan Kantor Direksi PTPN XII menggelar bhakti sosial bertajuk “PT Perkebunan Nusantara XII Peduli Covid-19” di Kelurahan Krembangan Selatan dan depan Kantor Direksi PTPN XII, Jl Rajawali No. 44 Surabaya.

PTPN XII menyalurkan sejumlah bantuan berupa sembako yang terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, mie instan, teh Rolas dan sarden serta masker kepada masyarakat kurang mampu di seluruh RW di Kelurahan Krembangan.

Selain itu juga disalurkan alat semprot disinfektan, bahan disinfektan kepada Kelurahan Krembangan Selatan sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat sekitar terdampak Covid-19.

“Hari ni kami bagikan ratusan sembako untuk masyarakat kurang mampu, ratusan liter bahan disinfektan beserta alat semprotnya dan ribuan masker kepada RW Krembangan Selatan melalui Lurahnya. Sebagian sembako dan masker nanti dibagikan di depan kantor bersama karyawan,” ujar M. Cholidi disela pembagian paket semako di Surabaya, Senin (1/5/2020).

Bantuan sembako ini untuk  masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari selama 

kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain warga kurang mampu Kelurahan Krembangan, sasaran utama penerima sembako yang dibagikan di depan Kantor Direksi PTPN XII diantaranya pengemudi ojek online, Sopir Angkot, tukang becak, dan pekerja harian yang masih harus bekerja di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap memperhatikan physical 

distancing serta protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah. 

"PTPN XII beserta seluruh jajaran ingin berbagi kepada masyarakat yang terdampak ekonominya karena pandemi Covid-19, terlebih lagi sekarang sudah bulan Ramadhan dan penerapan PSBB oleh pemerintah Jatim, khususnya Kota Surabaya. Semoga bermanfaat,” imbuh Kang Maas, Kasubag Humas selaku koordinator acara.

Sebelumnya PTPN XII juga telah memberikan sejumlah bantuan ke beberapa Daerah di Jawa Timur, salah satunya program Kementerian BUMN yakni pendirian dan koordinator Posko Satgas Penanganan Bencana Nasional Covid-19 wilayah Banyuwangi bersama perusahaan BUMN lain. 

“Hari ini Posko Satgas Covid-19 Banyuwangi bersama PT Pelindo III, PT PLN dan 14 BUMN Cabang Banyuwangi lainnya akan mendistribusikan bantuan APD dari donasi beberapa perusahaan BUMN pusat ke Rumah Sakit Blambangan – Banyuwangi. Diserahkan langsung ke Bupati Banyuwangi,” ungkap Cholidi. 

Kegiatan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan akan terus berkelanjutan. Bahkan rencananya anggaran Tunjangan Hari Raya (THR) Dewan Komisaris dan Direksi tahun ini tidak diberikan, dan akan dialokasikan langsung untuk kegiatan kemanusiaan terkait penanggulangan bencana Covid-19. 

Sasaran penyaluran anggaran tersebut diantaranya seluruh unit kerja dan posko satgas wilayah Banyuwangi untuk penanggulangan Covid-19 di Lingkungannya, masyarakat sekitar berupa bantuan sembako dan uang tunai, serta sejumlah Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Jawa Timur dengan menyuplai kebutuhan Air minum kemasan Airolas dan Teh Rolas selama 2 bulan berjalan. 

Pada kesempatan yang sama, Lurah Krembangan Selatan, Sudirman mengatakan sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan PTPN XII. "Bantuan ini pastinya sangat bermanfaat karena banyak warga kami yang terkena PHK. Ini saya rasa sangat tepat waktunya" ungkap Sudirman. 

Hingga saat ini, jumlah masyarakat Kelurahan Krembangan Selatan yang terdampak Corona Virus atau Covid-19 sangat banyak, mencapai 3 ribu hingga 4 ribu jiwa. Ada yang akibat di PHK atau dirumahkan dan usahanya tidak jalan atau ditutup. 

"Dari keseluruhan warga yang masuk data MBR kita bantu. Dari banyaknya bantuan yang datang, mulai dari pusat, presiden hingga  bantuan yang dari daerah, semuanya kita bagi. Jangan sampai warga yang membutuhkan tidak dapat. Kami juga sudah luruskan data ganda. Semua terbuka, data ditempel di kelurahan dan di RW, pembagian juga dibagi dengan di RW agar tidak terpusat di kantor kelurahan dan berdesakan," pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: