Mengejutkan! Hanafi Rais mundur dari kepengurusan PAN dan anggota DPR

Selasa, 5 Mei 2020 | 15:53 WIB ET

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI periode 2019-2024 Hanafi Rais secara mengejutkan menyatakan mundur dari jabatan Ketua Fraksi PAN DPR RI 2020-2025 dan Anggota DPR RI Fraksi PAN periode 2019-2024. Keputusan Pengunduran diri Hanafi Rais berdasarkan pada surat pengunduran diri tertanggal 5 Mei 2020.

"Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024," tulis Hanafi Rais dalam surat pengunduran dirinya yang bermaterai tersebut.

Dalam surat tersebut, Hanafi Rais menjelaskan pascakongres Februari 2020 lalu, dirinya memiliki harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader.

"Kita semua tau bahwa PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus menaubati apa yang telah terjadi jika ingin, Allah ridha dengan partai ini," tulis Hanafi.

Dalam surat itu, Hanafi menilai PAN telah melewatkan momentum untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap pada waktu ke depannya.

"kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan," tulis Hanafi.

"Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua ," tulis putera kandung politikus senior Amien Rais tersebut. kbc2

Bagikan artikel ini: