Wishnutama sebut ada tren kepariwisataan baru usai Covid-19, apa itu?

Minggu, 3 Mei 2020 | 13:07 WIB ET
Menparekraf Wishnutama Kusubandio
Menparekraf Wishnutama Kusubandio

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyebut akan ada tren wisata dan paradigma baru setelah pandemi virus corona (Covid-19) berakhir. Tren itu, yakni terkait kesehatan dan kenyamanan di berbagai sektor kepariwisataan.

"Pembangunan pariwisata ke depan, kami akan memfokuskan ke hal-hal yang sangat prinsip, misalnya toilet bersih, sanitasi dan higienitas," katanya, Sabtu (2/5/2020).

Menurut Tama, sapaan akrab dia, tren yang menunjang kesehatan dan kenyamanan itu antara lain atraksi, akomodasi, preferensi produk, transportasi, hingga label higienis. “Sebagai salah satu contoh, toilet yang ada di Mandalika dibuat setara dengan toilet hotel berbintang," ujarnya.

Wishnutama berharap, nanti ada semacam sertifikasi tempat wisata atau hotel memenuhi kriteria tersebut. "Dari sisi keamanan, kesehatan terjamin dan ini menjadi hal yang sangat penting,” katanya.

Dia pun ingin agar seluruh negara terus bekerja sama dalam menyiapkan standar baru. Hal itu untuk menyikapi dinamika perubahan global akibat pandemi Covid-19 di sektor kepariwisataan.

"Dibutuhkan kerja sama yang kuat untuk mendorong dunia dalam mitigasi dan pemulihan situasi, baik selama pandemi dan pasca-pandemi," katanya. Ia menambahkan, bahwa Indonesia akan urun membantu merumuskan kebijakan global, "Menerapkan norma dan standar baru,” imbuh Tama. kbc10

Bagikan artikel ini: