Fokus pengembangan IT, PTPN X kembali raih 3 penghargaan

Minggu, 3 Mei 2020 | 12:06 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X kembali menyabet pengharagaan di bidang IT. Kali ini, tiga penghargaan TOP Digital Innovation Award 2020 diterima langsung oleh Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo secara Tele-Awarding. PTPN X berhasil meraih penghargaan TOP Strateg Leadership in Agro Industry, TOP Corporate Performance in Agro Industry, dan TOP CEO in Digital Transformation.

Melalui Tele-Awarding, Dwi menjelaskan kepada seluruh partisipan mengenai inovasi bidang teknologi yaitu e-Farming. e-Farming yaitu aplikasi Precision Agriculture berbasis GIS (Pemetaan lahan sesuai geospatial), yang memfasilitasi pendaftaran lahan tebu secara online dan memberikan kemudahan dalam monitoring lahan dan verifikasi data. 

“e-Farming telah diterapkan di PTPN Gula dan juga dapat digunakan untuk komoditi lainnya. e-Farming merupakan sumbangsih kami di bidang teknologi informasi untuk perkebunan nasional,” ujar Dwi di Surabaya, Jumat (1/5/2020) malam.

Pemenangan ini didapat melalui hasil penjurian pada presentasi yang dilakukan 11 Maret yang lalu. Direktur Operasional, Aris Toharisman dalam presentasinya menjelaskan bahwa PTPN X telah menerapkan IT dalam setiap proses bisnisnya. 

Tak hanya e-Farming, PTPN X juga menjalankan program Investani. Investani adalah sistem crowdfunding dengan skema pembiayaan berasal dari pengumpulan dana para investor untuk operasional proyek tertentu yang dijalankan sesuai ketentuan. Investani dapat menjadi sumber alternatif dalam meraih bahan baku tebu serta pendapatan baru bagi perusahaan. 

Investasi yang ditawarkan oleh Investani adalah di sektor riil karena jelas lahan tebu dan pengelolanya, brand dan citra PTPN X, lahan, dan pabrik gula yang dapat menjamin tebu selalu dapat diolah di pabrik PTPN X. Sejak tahun 2020, PTPN X juga telah menjalankan program Office Automation untuk sistem persuratan, sehingga seluruh karyawan dapat mengakses surat menyurat dimanapun berada. 

Dwi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan PTPN X karena telah mendukung pengimplementasian IT dengan baik. Sehingga, PTPN X dapat terus menunjukkan prestasinya di bidang IT. 

“Saya harap pengembangan IT dapat terus dilakukan di PTPN X sehingga kinerja dapat terpantau secara real time dan juga efektivitas dapat meningkat,” tambah Dwi. 

Hadir juga dalam Tele-Awarding, Bambang Permadi Soemantru Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi. Dalam sambutannya, Bambang menucapkan selamat kepada seluruh pemenang sekaligus meminta kepada seluruh perusahaan partisipan untuk terus melakukan transformasi digital secara berkelanjutan.kbc6

Bagikan artikel ini: