Menkop beri pelatihan online bagi pelaku KUMKM terdampak pandemi Covid-19

Jum'at, 1 Mei 2020 | 11:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan pelatihan e-Learning bagi pelaku Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM).

Pelatihan online itu diisi dengan pengantar dari tutor dan motivator yang kompeten dengan berkonsep one-stop service yang dapat diakses melalui website edukukm.id.

"Kami mempersiapkan pelatihan kewirausahaan, manajemen koperasi, kejuruan (vocational) dan standarisasi secara online di masa pandemi Covid-19,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara virtual, Kamis (30/4/2020).

Dia menjelaskan, pelatihan ini dilengkapi quiz sebagai indeks pengujian akhir, agar peserta dapat memperoleh Surat Keterangan online untuk dapat digunakan pada fasilitas lanjutan di Kementerian Koperasi dan UKM.

Untuk tahap pertama pelatihan online, materi yang akan diberikan kepada KUMKM meliputi kewirausahaan, kejuruan (vocational) dan standarisasi.

Antara lain, pembuatan alat pelindung diri (APD) dengan standar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Kemudian, pelatihan pemasaran berbasis e-Learning, pelatihan kompetensi berbasis e-Learning, peluang menjadi wirausaha di sektor pengadaan barang/jasa pemerintah, hingga pelatihan penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital (Lamikro).

"Nanti setelah pelatihan akan dihubungkan dengan akses pasar. Tentunya dengan mekanisme yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM Arif Rahman Hakim mengatakan gagasan pelatihan online ini bukan hanya dalam rangka merespon situasi Covid-19. “Ini sudah menjadi tupoksi kementerian untuk mengadakan pelatihan secara rutin dari tahun ke tahun,” tegasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: