Xiaomi patenkan kamera putar di smartphone, desain punch hole mulai ditinggal?

Kamis, 30 April 2020 | 15:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Desain dan fitur smartphone terus mengalami perkembangan. Seperti notch di layar smartphone dengan adanya desain punch hole atau lubang layar yang kini marak. 

Sebelumnya, berbagai cara menghasilkan beragam bentuk desain untuk mencari tempat untuk meletakkan kamera depan.

Namun berdasarkan laporan terkini, desain lubang di layar (punch hole) akan mulai ditinggalkan untuk sebuah terobosan teknologi terbaru.

Salah satu perusahaan yang berusaha melakukan terobosan kamera selfie di ponsel pintar itu adalah Xiaomi.

Seperti dikutip dari Gizchina, Xiaomi mendaftarkan aplikasi untuk desain teknologi kamera selfie unik ke kantor paten Tiongkok (CNIPA).

Berdasarkan paten tersebut, Xiaomi hanya akan menyertakan kamera di belakang bodi smartphone. Saat ingin memotret selfie, pengguna hanya perlu memutar modul kamera ke depan.

Ini bukanlah ide yang baru, karena saat ini sudah ada ponsel pintar dengan konsep serupa yang diproduksi massal.

Salah satu smartphone itu adalah Asus Zenfone 6. Namun, hanya kamera saja yang berputar saat ingin selfie. Dari paten Xiaomi, sebagian atas layar smartphone juga akan ikut berputar.

Karena masih sebatas gambar konsep, masih belum diketahui bagaimana caranya Xiaomi menggunakan dua layar untuk smartphone ini.

Toh saat berputar, permukaan layar smartphone akan berkurang karena modul kamera yang berukuran besar akan tampil di depan.

Perlu diingat, hanya karena mendaftarkan paten bukan berarti Xiaomi akan meletakkan fitur ini di dalam smartphone besutannya dalam waktu dekat. kbc10

Bagikan artikel ini: