Menkop inginkan 5,1 juta UMKM bisa terima bansos

Kamis, 30 April 2020 | 12:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bisa tetap eksis di tengah pandemi corona atau Covid-19. Salah satunya dengan memberikan stimulus ekonomi bagi UMKM yang terdampak.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ada lima skema besar dalam program perlindungan dan pemulihan ekonomi UMKM. Pertama, pelaku UMKM yang masuk kategori miskin dan rentan harus dipastikan menjadi penerima bantuan sosial (bansos).

Atas program ini, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan, ada sebanyak 5 juta pelaku UMKM yang akan menerima bansos. Data tersebut didapatkan dari UMKM yang mengikuti program Mekaar di PMN.

"Yang nerima bansos BLT3 juta jadi masih banyak yang belum terdata detail, penambahan ini belum selesai tapi setidaknya kami usulkan dapat data dari PMN ada sekitar 5,1 juta penerima Mekaar yang belum masuk bansos," kata Teten dalam telekonferensi, Rabu (29/4/2020).

Teten mengaku sudah mengusulkan sebagian dari 5,1 juta peserta Mekaar mendaftar kartu pra-kerja. Sebab, selama masa pandemi covid-19 ini, fungsi kartu pra-kerja dialihkan sebagai semi bansos.

"Bansos kan selain BLT ada pra-kerja, dana desa yang di BLT kan, intinya kami Kemenkop sedang usahakan ultra mikro yang enggak ada pendapatan, nanti jika ada pembiayaan mereka juga butuhkna bantuan lain," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: