Menhub siapkan 6 klaster penerbangan untuk pemulangan TKI

Selasa, 28 April 2020 | 12:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah tengah berupaya mencari cara untuk pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Tanah Air dari Amerika Serikat, Jepang, Korea, China, Timur Tengah, dan Eropa.

Untuk itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyiapkan enam klaster penerbangan untuk pemulangan TKI tersebut.

Menurut Menhub, saat ini pemerintah tengah mengurus 150 pekerja migran Indonesia di luar negeri untuk dipulangkan ke Tanah Air. Dia menegaskan, pemerintah hanya akan menyediakan satu penerbangan menuju Jakarta.

"Kita hanya menyediakan 1 tempat penerbangan menuju Jakarta. Nanti di Jakarta silakan protokol kesehatan," ujar Budi Karya dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Senin (27/4/2020).

Menurut dia, KBRI bertugas membawa TKI ke satu titik pemberangkatan yang sudah disiapkan. Budi Karya mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri agar kepulangan TKI hanya di satu titik.

"Saya sudah intensif bicara dengan Menlu, just in case 3 hari akan dilakukan terutama China sudah jalan. Tapi saya minta 1 titik saja, kalau titiknya banyak nanti komplikasi," jelas dia.

Budi Karya memastikan akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait prosedur pemulangan TKI. Termasuk, koordinasi ke Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo agar kepulangan TKI benar-benar hanya melalui satu pintu saja.

"Saya mengusulkan Pak Doni agar satu pintu saja, jangan dibiarkan orang itu dari pintu ke pintu," tutur Budi Karya. kbc10

Bagikan artikel ini: