OJK dan tim Indah Kurnia sosialisasi restrukturisasi lredit akibat COVID-19 di Surabaya

Senin, 27 April 2020 | 21:12 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 telah berdampak pada seluruh lapisan masyarakat, terutama dirasakan oleh orang-orang yang bekerja di sektor informal misalnya ojek online, sopir kendaraan umum, pedagang barang non kebutuhan pokok, karyawan mall, pelaku UMKM, serta banyak lagi yang lainnya.

Pendapatan mereka otomatis berkurang sehingga kondisi perekonomian mereka pun terganggu. Kondisi perekonomian yang semakin berat pada akhirnya membuat banyak orang yang kesulitan melakukan pembayaran kredit.

Pemerintah melakukan berbagai cara untuk menstimulus perekonomian masyarakat, salah satunya melalui restrukturisasi kredit. Restrukturisasi kredit merupakan hal baru bagi masyarakat sehingga masih banyak masyarakat yang kurang memahami seluk beluk sehingga perlu diberikan penyuluhan mengenai Restrukturisasi kredit.

LUPI Bersama Tim Indah Kurnia mengadakan penyuluhan bersama Otoritas Jasa Keuangan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Restrukturisasi kredit secara door to door. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 22 - 30 April 2020 dengan menyasar beberapa titik di Sidoarjo. Kegiatan ini dimulai dengan tim bergerak secara perseorangan untuk memberikan penyuluhan kepada warga masyarakat yang bekerja di sektor informal,. Diawali dengan melakukan penyuluhan mengenai pencegahan Covid kemudian dilanjutkan dengan Penyuluhan Restrukturisaasi Kredit.

Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia mengatakan masyarakat harus menyikapi secara bijak soal restrukturisasi kredit yang dikeluarkan OJK.

"Masyarakat yang terkena dampak dari wabah COVID-19 seperti penghasilan turun, kena PHK bisa mengajukan keringanan kredit ke perusahaan pembiayaan atau bank, kami berharap pembiayaan dan bank bisa memberikan kelonggaran seperti penundaan sebagian angsuran, ada juga perpanjangan waktu dengan menurunkan besaran angsuran," ujar Indah Kurnia anggota DPR dari PDI Perjuangan dapil Surabaya-Sidoarjo ini, Sabtu (25/4/2020).

Menurut Indah Kurnia, saat ini OJK melalui mitra kerjanya giat lakukan sosialisasi ke masyarakat yang memiliki kredit untuk memanfaatkan restrukturisasi kredit di masa pandemi COVID-19.

"Ayo, silakan masyarakat memanfaatkan kesempatan keringanan bayar kredit ini bank atau lembaga pembiayaan karena sudah diatur oleh OJK," jelasnya.

Perwakilan Tim Indah Kurnia, Diptya Anindita berharap dengan adanya penyuluhan ini masyarakat yang terdampak langsung dapat memahami kebijakan pemerintah mengenai restrukturisasi kredit secara menyeluruh sehingga masyarakat dapat melakukan proses sesuai aturan yang berlaku. kbc3

Bagikan artikel ini: