Kemenhub pastikan tak ada penutupan jalan nasional dan tol

Rabu, 22 April 2020 | 19:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tidak akan melakukan penutupan akses jalan tol dan nasional saat implementasi pelarangan mudik. Namun demikian akan dilakukan penyekatan sebagai upaya mencegah arus mudik.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, prioritas pengawasan yang nantinya akan dilakukan adalah penyekatan di daerah zona merah dan di daerah yang ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Nantinya, jika ada masyarakat yang melalui zona-zona tersebut akan dicek oleh petugas di pos-pos check point yang ada di lapangan.

“Jadi perlu kami tegaskan bahwa tidak ada penutupan jalan nasional maupun jalan tol, tetapi yang dilakukan adalah penyekatan atau pembatasan kendaraan yang boleh melintas atau tidak," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/4/2020).

Sementara itu, kendaraan selain angkutan barang/logistik yang dikecualikan dalam larangan mudik ini yaitu pemadam kebakaran, kendaraan dinas instansi pemerintah, dan kendaraan tenaga medis.

"Pelarangan berlaku untuk angkutan penumpang baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) dan tidak berlaku untuk angkutan barang/logistik,” ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: