Hibur masyarakat di rumah, Facebook percepat peluncuran aplikasi gaming

Senin, 20 April 2020 | 11:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan media sosial popular, Facebook dikabarkan bakal merilis aplikasi gaming pertama mereka dengan nama Facebook Gaming, pada Senin (20/4/2020) waktu setempat, untuk dapat digunakan secara gratis.

Sejatinya aplikasi Facebook Gaming dijadwalkan meluncur pada Juni 2020, tetapi perusahaan memutuskan untuk mempercepat perilisan dan mengambil kesempatan saat masa karantina akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Sebelumnya, perusahaan yang digawangi Mark Zuckberg ini telah menguji coba aplikasi ini di beberapa negara di Amerika Latin dan Asia Tenggara selama lebih dari satu tahun.

Facebook Gaming baru akan tersedia di perangkat Android. Saat ini tengah menunggu persetujuan Apple Inc agar bisa masuk ke lini aplikasi App Store.

"Berinvestasi dalam dunia gim telah menjadi prioritas kami. Kami melihat akan ada peningkatan besar pada aplikasi Facebook Gaming selama masa karantina (virus corona Covid-19)," kata Kepala Aplikasi Facebook, Fidji Simo dikutip The New York Times.

Ada salah satu fitur unggulan Facebook Gaming, yaitu Go Live. Nantinya pengguna dapat melakukan live streaming sambil bermain gim bersama pengguna lainnya.

Facebook mengatakan pihaknya tidak akan memasukkan iklan di awal peluncuran aplikasi, sebab perusahaan fokus untuk mengumpulkan banyak pengguna yang 'terjebak' di rumah.

Demi menggaet pengguna, Facebook menjalin kerjasama eksklusif dengan mantan juara UFC (Ultimate Fighting Championship) Ronda Rousey.

"Facebook Gaming telah membuat langkah luar biasa karena mereka telah mengakuisisi Ronda Rousey untuk meningkatkan pangsa oasar mereka di layanan live streaming," kata CEO StreamElements, Doron Nir kepada jurnalis The Verge.

Pada bisnis gaming, Facebook mesti berjibaku dengan Twitch dan Youtube. Sebab keduanya juga menyediakan layanan live streaming untuk para pecinta gim.

Twitch sendiri merupakan platform live streaming video milik Twitch Interactive, anak perusahaan Amazon. Perusahaan diakuisisi Amazon tahun 2014 silam. kbc10

Bagikan artikel ini: