Tahun depan, PGN targetkan pembangunan pipa gas 10 KM di Batam

Jum'at, 6 Desember 2019 | 02:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Perusahaan Gas Negara atau PGN terus ekspansif dalam melakukan pembangunan jaringan gas bumi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Di tahun depan, PGN telah merencanakan akan kembali membangun jaringan pipa gas sepanjang 10 kilometer (KM) di kota Batam.

Upaya tersebut dilakukan agar jangkauan gas bumi yang lebih efektif dan efisien ini akan mampu menjangkau masyarakat lebih luas di Kota Batam, Khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sales Area Head PT PGN Batam, Wendy Purwanto mengatakan, pembangunan jalur pipa gas 10 km tersebut bertujuan membantu pengembangan Kota Batam.

“Tentunya PGN terus membangun jaringan gas di kota ini untuk tahun depan sebagai langkah memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Wendy, baru-baru ini.

Ia mutirkan, gas bumi yang disalurkan PGN terbukti menjadi energi alternatif yang lebih bersih, aman, nyaman dan hemat. Hal inilah yang kemudianendorobgnya untuk terus berupaya agar seluruh wilayah di Kota Batam bisa terlewati jalur pipa gas. Dampak selanjutnya, akan tercipta daya saing yang lebih tinggi bagi UMKM.

“Energi baik yang kami salurkan, tentu diharapkan mampu membantu Batam. Itu semua merupakan komitmen PGN dalam mendukung pemerintah untuk sejalan dalam pembangunan kota ini,” tuturnya.

Ke depan, wilayah di Kota Batam yang akan menjadi lokasi pembangunan pipa gas tersebut diantaranya yaitu di daerah Greenland, area Pollux Batam Centre, Sungai Panas, Pelita hingga Nagoya.

“Rencananya kita akan bangun pipa sepanjang 1,5 km di daerah Pollux. Karena untuk jalur pipa gas ke sana belum ada.

Nantinya kawasan itu selain adanya pembangunan apartemen, akan ada mal juga. Jadi kita siapkan jaringan di area sana, seandainya mereka butuh energi gas, kami sudah siap," tuturnya.

Pada 2020 mendatang, pembangunan looping pada pipa gas juga sudah direncanakan PGN. Pembangunan looping tersebut bertujuan agar para pelanggan gas milik PGN semakin nyaman. Sebab, ketika terjadi kebocoran di salah satu pipa, para pelanggan gas milik PGN tetap bisa menikmati gas alam melalui pipa lainnya. kbc6

Bagikan artikel ini: