Kemendag pastikan stok bahan pokok aman jelang Ramadan

Selasa, 14 April 2020 | 10:30 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan ketersediaan bahan pokok mencukupi menjelang masuknya Ramadan 2020.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Suhanto mengatakan, berdasarkan harga, sejumlah barang juga terpantau stabil. Bahkan Suhanto mengklaim terdapat pernurunan harga terhadap sejumlah komoditas. Antara lain daging ayam ras, cabe merah keriting, cabe merah besar, dan bawang bombai.

"Namun masih ada yang mengalami kenaikan terhadap harga bulan sebelumnya yaitu gula pasir, bawang merah, serta cabe rawit merah," ujar Suhanto, Senin (13/4/2020).

Sebelumnya selain gula pasir, bawang putih juga mengalami kenaikan. Mengatasi hal itu, saat ini kedua komoditas tersebut masih dalam tahap pengadaan impor.

"Khusus untuk komoditi gula pasir dan bawang putih saat ini sedang diupayakan penambahan pasokan melalui impor serta penugasan ke BUMN dan swasta," jelas Suhanto.

Tidak hanya itu, harga kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe juga mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan oleh pelemahan kurs rupiah serta naiknya biaya logistik.

Bukan saja menjelang puasa, stok bahan pokok juga menjadi perhatian di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Guna menjaga kelancaran pasokan, Kemendag telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Kemendag meminta pembukaan akses untuk distribusi barang pokok dan penting, produk kesehatan, serta barang penting lainnya. Pasar rakyat serta toko ritel pun diimbau untuk memiliki jam operasional dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. kbc10

Bagikan artikel ini: