Penerapan WFH bikin transaksi belanja online melonjak

Rabu, 8 April 2020 | 12:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Imbauan agar masyarakat melakukan aktivitas belajar ataupun bekerja dari rumah (work from home/WFH) sejak pandemi wabah virus corona atau Covid-19, ikut mendorong transaksi di sejumlah e-commerce

Senior Vice President Trade Partnership Blibli Fransisca K Nugraha mengatakan, peningkatan transaksi ini karena terjadi perubahan tren masyarakat yang beralih belanja online.

"Peningkatan transaksi yang terjadi di Blibi pada produk sanitasi, makanan ringan, makanan instan, multivitamin, obat-obatan, alat kesehatan dan sembako," ucap Fransisca kepada Tribunnews, Selasa (7/4/2020).

Tetapi meski mengalami peningkatan, Fransisca belum dapat memberikan angka secara detail mengenai kenaikan transaksi yang terjadi di Blibli.com.

Fransisca juga menyebutkan, dalam mendukung pemerintah dalam ketersedian stok selama masa wabah Covid-19 Blibli menerapkan pembatasan produk.

"Pembatasan itu dilakukan untuk produk sembako seperti beras, minyak, mie instan. Hal ini juga berlaku pada alat kesehatan. Pelanggan hanya bisa membeli produk maksimal dua dalam sekali transaksi," ujar Fransisca.

Sementara itu Sekretaris Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno, mengatakan masyarakat harus lebih teliti dalam memilih market place untuk berbelanja.

"Kami sarankan untuk memilih market place yang terpecaya dan menggunakan aplikasi e-commerce, karena bila melakukan transaksi online person to person sulit untuk diketahui jujur tidaknya penjualnya," kata Agus.

Agus juga mengatakan, masyarakat untuk mengedepankan kebutuhan dalam berbelanja dibanding dengan keinginan.

"Berbelanjalah dengan wajar untuk apapun itu produknya, jangan panic buying agar produk tersebut dapat dibeli oleh orang lain yang membutuhkan," ujar Agus.

Terlebih lagi, Agus berharap, agar masyarakat tidak membeli alat kesehatan yang diperuntukan untuk tenaga medis, agar para tenaga medis tidak kekurangan Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker ataupun yang lainnya. kbc10

Bagikan artikel ini: