Kadin dan HIPMI Surabaya semprot disinfektan mobil petugas listrik hingga bagi belasan ribu masker

Selasa, 7 April 2020 | 15:57 WIB ET

SURABAYA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya dan HPMI Surabaya berkolaborasi melakukan penyemprotan disinfektan ke mobil operasional petugas kelistrikan di Kota Pahlawan. 

Ketua Kadin Surabaya Ali Affandi mengatakan, petugas kelistrikan tidak bisa bekerja dari rumah dalam situasi saat ini. Mereka tetap bertugas di lapangan untuk memastikan keandalan jaringan kelistrikan agar tidak bermasalah saat semakin banyak orang berdiam diri di rumah.

”Teman-teman petugas listrik harus merasa nyaman dan aman karena kendaraannya sudah disemprot disinfektan yang bisa membunuh virus. Jadi mereka bekerja dengan tenang, sehingga hasilnya pun bisa optimal, karena tugas mereka berat, yaitu memastikan keandalan jaringan listrik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat work from home,” ujar Ali Affandi sesuai menyaksikan penyemprotan tersebut, Selasa (7/4/2020). 

Andi, sapaan akrab Ali Affandi, mengatakan, aksi penyemprotan disinfektan mobil operasional akan terus dilakukan secara berkelanjutan. ”Kadin Surabaya mendukung kiprah para petugas kelistrikan yang tetap bekerja, termasuk memastikan keandalan listrik untuk para pelaku usaha yang masih terus berproduksi seperti pengusaha makanan-minuman,” ujar Andi. 

”Dalam situasi saat ini, kita harus kolaborasi, harus bisa berdaya bersama-sama, gandeng renteng untuk Surabaya dan Indonesia, agar situasi kembali normal dan ekonomi bisa bangkit lagi,” imbuh Andi.

GM PLN Area Jatim Bob Syahril menyampaikan apresiasinya kepada Kadin dan HIPMI Surabaya yang telah membantu penyemprotan disinfektan ke mobil operasional lapangan petugas kelistrikan.

”Para petugas kelistrikan tetap harus bekerja 24 jam, 7 hari dalam seminggu, untuk memastikan jaringan listrik tak ada masalah. Dengan penyemprotan ini, mereka bisa bekerja dengan tenang dan nyaman,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua HIPMI Surabaya Muhammad Luthfy menambahkan, selain penyemprotan disinfektan ke mobil operasional petugas kelistrikan, pihaknya bersama Kadin Surabaya juga akan melakukan penyemprotan ke ratusan mobil taksi online.

”Sekarang kami sedang koordinasikan tempatnya agar tidak menimbulkan kemacetan dan kerumunan orang,” ujarnya.

Tak hanya itu, Kadin dan HIPMI Surabaya saat ini juga sedang dalam proses produksi lebih dari 11.000 masker kain dengan melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Surabaya.

”Ada beberapa UMKM di Surabaya yang kami libatkan, sekaligus ini memberdayakan UMKM konveksi di tengah pesanan mereka yang turun dalam situasi sulit sekarang. Tak lama lagi produksinya selesai, dan akan langsung kami sebar ke warga Surabaya terutama para pekerja informal yang masih harus bekerja di luar rumah,” papar Luthfy. kbc9

Bagikan artikel ini: