Wishnutama prediksi industri pariwisata RI baru pulih pada 2022

Selasa, 7 April 2020 | 09:28 WIB ET
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio memprediksi industri pariwisata baru akan pulih pada 2022 mendatang. Pihaknya pun telah mempersiapkan skenario tahapan mitigasi dari tanggap darurat, pemulihan, hingga normalisasi.

"Berdasarkan riset lembaga penelitian, ini baru bisa normal tahun 2022," kata Wishnutama dalam Rapat Kerja Virtual dengan Komisi X DPR, Senin (6/4/2020).

Dia menuturkan, industri pariwisata memang menjadi salah satu sektor bisnis yang paling terdampak dari adanya wabah Covid-19 yang telah menjadi pandemi global.

Tekanan yang dihadapi industri pariwisata membuat arus cash flow menjadi tidak beraturan. Situasi itu berujung pada langkah perusahaan untuk merumahkan pekerjanya tanpa digaji penuh hingga berujung pada pemutusan hubungan kerja.  

Proses pemulihan sektor pariwisata tidak bisa dilakukan secara cepat. Sebab, industri pariwisata berkaitan erat dengan kepercayaan publik baik dalam maupun luar negeri. Faktor keamanan dan keselamatan serta kesehatan menjadi salah satu tolok ukur utama agar wisatawan maupun berkunjung ke destinasi.

"Ini akan menjadi fase yang krusial. Pada tahap normalisasi nanti, kita harus bisa memberikan keyakinan dan itu tergantung dari yang sekarang kita lakukan," ujarnya.

Pasca industri kembali bangkit, cashflow bisnis di sektor pariwisata diharapkan ikut kembali pulih. Alhasil, rantai pasok kembali normal dan kembali menciptakan lapangan pekerjaan. Tentu, diharapkan industri pariwisata pulih namun disertai dengan kualitas dan kuantias yang lebih baik dari sebelumnya. kbc10

Bagikan artikel ini: