PHRI catat 1.200 hotel sudah tutup akibat Covid-19

Minggu, 5 April 2020 | 12:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat hingga saat ini sudah ada sekitar 1.200 hotel di Tanah Air menutup operasionalnya lantaran terdampak wabah virus corona (Covid-19). 

Jumlah tersebut diperkirakan masih dapat bertambah apabila pandemi Corona berlangsung berkepanjangan.

"Dampaknya ini dirasakan oleh hotel di semua daerah karena memang enggak ada tamu. Ada pun hanya sedikit," kata Wakil Ketua Umum PHRI Maulana Yusran, Sabtu (4/4/2020).

Dia menjelaskan, pengusaha hotel telah kehilangan pasarnya saat virus corona mulai masuk ke Indonesia. Kondisi itu rata dirasakan secara menyeluruh di semua daerah. 

Menurut Maulana, faktor utamanya disebabkan karena konsumen terbesar bagi hotel adalah tamu domestik yang sebagian besar menginap untuk kepentingan bisnis. 

Jumlah keseluruhan tamu domestik ini pun mencapai hingga 300 juta kunjungan. Dengan adanya virus Corona, maka perjalanan-perjalanan dinas pun dihentikan untuk sementara. Hal itu otomatis mempengaruhi okupansi hotel.

Menurut Maulana, tutupnya sejumlah hotel disebabkan oleh ketidakmampuan operator menanggung biaya operasional tanpa ada pemasukan dari arus kas.

Dia juga tidak menyangkal bahwa kondisi ini menyebabkan sejumlah hotel merumahkan karyawannya.

"Ada yang melakukan PHK (pemutusan hubungan karyawan), tetapi tidak banyak. Kebanyakan melakukan unchecklist, karena kalau PHK mereka butuh biaya lagi (untuk membayar uang PHK)," ungkapnya. kbc10

Bagikan artikel ini: