Google Doodle hari ini edukasi pencegahan Covid-19 dan tetap di rumah

Jum'at, 3 April 2020 | 12:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Meluasnya pandemi virus corona (Covid-19) secara global membuat Google terus berupaya mengajak masyarakat untuk menerapkan social distancing.

Nah, jika Anda membuka Google pada Jumat (3/4/2020) hari ini akan muncul Doodle berupa huruf-huruf membentuk kata Google yang sedang berada di dalam rumah sambil berolahraga, membaca buku, menelepon, dan menyanyi. Dalam huruf-huruf tersebut, jika di-klik akan muncul kata: Stay home. Save lives.

Yang berarti tetap di rumah dan selamatkan nyawa. Doodle tersebut dibuat Google untuk meminta orang tetap di rumah karena virus corona Covid-19.

"Karena Covid-19 terus berdampak pada orang-orang di seluruh dunia, bantu hentikan penyebaran dengan mengikuti langkah-langkah ini," tulis Google.

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Saat ini tidak ada vaksin untuk mencegah penyakit coronavirus (Covid-19).

Anda dapat melindungi diri sendiri dan membantu mencegah penyebaran virus ke orang lain jika Anda:

  • Cuci tangan secara teratur selama 20 detik, dengan sabun dan air atau gosok tangan dengan cairan berbasis alkohol. 
  • Tutupi hidung dan mulut dengan tisu sekali pakai atau siku yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin.
  • Hindari kontak dekat (1 meter atau 3 kaki) dengan orang yang tidak sehat. 
  • Tetap di rumah dan isolasi diri dari orang lain di rumah jika Anda merasa tidak sehat. 
  • Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda jika tangan Anda tidak bersih.

Virus corona Covid-19 menyebar dengan cepat dari orang ke orang melalui tetesan bersin atau batuk yang keluar dari orang dengan infeksi Covid-19.

Sebagian besar tetesan atau cairan itu jatuh pada permukaan dan benda di dekatnya -seperti meja, meja, atau telepon. Orang bisa terpapar atau terinfeksi Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi - dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Jika Anda berdiri pada jarak 1 atau 2 meter dari seseorang dengan Covid-19, Anda dapat terjangkit melalui batuk termasuk saat mereka menghembuskan napas. Dengan kata lain, Covid-19 menyebar serupa cara untuk flu.

Sebagian besar orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami gejala ringan dan sembuh. Namun, beberapa kasus virus corona berlanjut dengan mengalami penyakit yang lebih serius dan mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit. 

Orang dengan melemah sistem kekebalan tubuh dan orang-orang dengan kondisi seperti diabetes, penyakit jantung dan paru-paru juga lebih banyak rentan terhadap virus corona. kbc10

Bagikan artikel ini: