Shorts, aplikasi pesaing TikTok bikinan YouTube

Kamis, 2 April 2020 | 19:00 WIB ET

CUPERTINO, kabarbisnis.com: YouTube dikabarkan tengah menyiapkan platform pesaing TikTok, yang diberi nama Shorts.

Short memungkinkan pengguna untuk mengunggah video singkat di dalam aplikasi seluler, seperti TikTok, dan memanfaatkan musik berlisensi yang dimiliki YouTube Music dalam katalognya.

Sama halnya seperti TikTok, lagu-lagu tersebut dapat digunakan dalam video. TikTok sendiri menyediakan usik, filter, dan lainnya bagi para pengguna, kemudian membiarkan penggunakanya membuat video dengan gerakan dan tarian menggunakan audio tersebut.

Seperti dikutip dari laman The Verge, Kamis (2/4/2020), ada alasan kuat mengapa akhirnya YouTube membuat Shorts ini. Menurut laporan perusahaan analitik aplikasi, App Annie, pada Januari aplikasi TikTok tumbuh 125 persen selama dua tahun terakhir.

Bahkan aplikasi yang dikembangkan oleh Beijing ByteDance Technology ini telah memiliki ratusan juta pengguna.

TikTok juga telah mengantongi 842 juta unduhan dari Apple App Store dan Google Play Store dalam 12 bulan terakhir. Angka tersebut meningkat 15 persen tahun ke tahun.

Ini bukan pertama kalinya YouTube mengembangkan versi fitur populernya sendiri di platform sosial lain. YouTube juga membawa versi Instagram Stories ke dalam platform YouTube.

Mempertimbangkan basis pengguna yang besar (lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan) dan perjanjian lisensi musik yang mereka miliki, rasanya tidak mengejutkan bila YouTube membangun TikTok versi mereka. kbc10

Bagikan artikel ini: