Covid-19 serang bumi, trafik WhatsApp melonjak 4 persen

Senin, 30 Maret 2020 | 19:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Imbauan untuk berada di rumah atau penerapan social distancing yang dilakukan sejumlah negara guna memutus rantai peredaran pandemi Covid-19 ikut membuat penggunaan sosial media di masyaraat meningkat. 

Berdasarkan hasil suvei dari perusahaan riset Kantar, salah satu platform yang trafiknya melonjak karena dampak Covid-19 adalah WhatsApp. 

Secara global lonjakan trafik WhatsApp mencapai 40% saat masyarakat disarankan untuk tinggal di rumah. Survei ini dilakukan kepada lebih dari 25.000 konsumen di 30 negara yang dilakukan 14-24 Maret 2020, demikian dilansir dari laman TechCrunch, Senin (30/3/2020). 

Saat hari-hari awal pandemik Covid-19, pengguna WhatsApp meningkat 27%, sementara pada masa pertengahan pandemi trafiknya naik 41%. 

Selain itu, di negara-negara yang sudah dalam fase pandemik, penggunaan WhatsApp melonjak hingga 51 persen.

Sementara jika dilihat dari tiap-tiap negara, pengguna WhatsApp bahkan melonjak cukup tinggi. Misalnya saja di Spanyol yang meningkat hingga 76%. 

Tidak hanya WhatsApp, Platform perpesanan lain pun penggunaannya juga meningkat akibat Covid-19, di mana penggunaan paling banyak dilakukan oleh usia 18-37 tahun.

Aplikasi lain yang juga terlihat peningkatan trafiknya adalah WeChat dan Weibo di China. Secara keseluruhan, penggunaan Facebook meningkat hingga 37% dan penggunaan WeChat serta Weibo meningkat 58%.

Meskipun demikian, pengguna tidak terlalu percaya dengan apa yang tersebar melalui media sosial.

Dalam laporan dari Kantar, pengguna lebih percaya dengan situs berita nasional (58%) dan situs web resmi dari pemerintah (48%). Sedangkan, hanya 11% responden yang menganggap platform media sosial dapat dipercaya. kbc10

Bagikan artikel ini: