Erick Thohir minta bank BUMN segera pangkas bunga kredit untuk UKM

Jum'at, 20 Maret 2020 | 17:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta seluruh bank plat merah untuk segera menurunkan suku bunga kredit, khususnya yang menyasar sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

Menurut Erick, pelaku UKM menjadi salah satu yang paling terkena dampak dari wabah virus corona ini. Jika tak diberikan keringanan, para pelaku UKM ini bisa gulung tikar.

"Kita juga tidak boleh terbelenggu hanya di kesehatan, tapi bisnisnya juga harus jalan. Karena itu kita ingin memastikan bank-bank BUMN segera menurunkan suku bunga UKM. Karena banyak UKM terdampak," ujarnya melalui telekonferensi di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Mengenai kebijakan ini, Erick mengaku masih harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan instansi dan pihak-pihak terkait. Setelah mendapatkan lampu merah, maka suku bunga akan langsung diturunkan.

"Nanti pasti mekanisme akan dikoordinasikan kementerian dengan Gubernur BI dan semuanya tapi kebijakan itu akan segera diambil. Mekanisme bisa nanti sore pasti ada arahan dari mereka dan termasuk penerbitan obligasi. Kan ada izin Menteri Keuangan," jelas Erick.

Selain itu lanjut Erick, pihaknya juga tengah mengusulkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meminta relaksasi pada sektor-sektor yang terkena dampak virus corona. Nantinya sektor-sektor ini diperkenakan untuk mendapatkan keringanan dari bank-bank BUMN.

"Jadi kita akan turunkan suku bunga bahkan kita juga sedang mengajukan OJK bahwa ada juga relaksasi untuk sektor-sektor terdampak seperti hotel pariwisata, penerbangan, restoran dan lain-lain yang punya pinjaman kepada bank-bank BUMN tapi kita tunggu persetujuan," jelasnya.

Namun khusus relaksasi ini nantinya akan dilihat terlebih dahulu track record dari perusahaannya. Jangan sampai momen ini justru dimanfaatkan oleh perusahaan yang track recordnya kurang baik yang justru nantinya bisa merugikan perusahaan plat merah.

"Tapi harus dilihat track recordnya. Kadang kadang juga banyak pada kesempatan ini track record dia. Kita utamakan yang track recordnya baik. kalau selama ini jelek dan nipu ya dia ambil kesempatan dalam kesempitan," uar Erick. kbc10

Bagikan artikel ini: