Apple Watch siapkan fitur pendeteksi oksigen dalam darah

Jum'at, 13 Maret 2020 | 12:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Apple terus memperbarui perangkat jam tangan pintar dengan banyak fitur untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan ada fitur baru yang tak sekadar mengetahui detak jantung.

Seperti dilansir dari 9to5Mac, terdapat bocoran yang mengklaim bahwa Apple sedang mengembangkan fitur yang dapat mendeteksi kadar oksigen hanya dari arloji canggihnya.

Jika saturasi oksigen atau jumlah hemoglobin Anda turun di bawah ambang batas tertentu, Anda akan menerima notifikasi, sama seperti jika ketika detak jantung Anda tak normal.

Masih belum pasti apakah pembaruan di Apple Watch ini butuh pemutakhiran perangkat keras atau sekadar software.

Sebelumnya, fitur semacam ini sudah dikembangkan oleh Fitbit dengan menggunakan sensor merah dan inframerah untuk mendeteksi saturasi oksigen.

Tak cuma fitur baru, Apple Watch akan meningkatkan fungsi EKG atau elektrokardiogram yang kini sudah tersemat di dalam arlojinya.

Disebut bahwa EKG versi baru nanti akan dapat memberikan hasil yang baik antara 100 dan 120 detak per menitnya.

Apple sendiri memang sangat vokal untuk menjadikan arloji canggihnya ini sebagai alat kesehatan yang vital, dan memposisikannya sebagai kebutuhan utama bagi mereka yang peduli dengan kesehatan.

Hal ini mengingat rendahnya saturasi oksigen dalam darah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan juga paru-paru. kbc10

Bagikan artikel ini: