Pemerintah berniat batasi penerbangan dari dan ke 4 negara ini

Rabu, 4 Maret 2020 | 08:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Penyebaran wabah virus corona semakin meluas ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Guna mengantispasi penyebaran virus menjadi lebih masif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempertimbangkan membatasi penerbangan dari dan ke empat negara, yakni Korea Selatan, Jepang, Italia, dan Iran. 

Pasalnya, keempat negara itu menjadi episentrum baru virus corona di luar Tiongkok. "(Pembatasan penerbangan dari dan ke) empat negara, tapi masih kemungkinan," kata Budi di Jakarta, Selasa (3/3/2020)

Menurut Budi hal tersebut akan dibahas lebih lanjut di tingkat Menteri Koordinator. Dia menilai ada banyak indikator yang bakal dikaji ketika pemerintah sebelum memutuskan menutup penerbangan dari dan menuju empat negara tersebut. Namun demiakian, dia masih enggan menjelaskan mengenai detail indikator tersebut.

"Nanti tanya sama Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto) dan Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi)," katanya.

Sejauh ini, pemerintah baru menutup sementara penerbangan dari dan ke Tiongkok sejak 5 Februari 2020. Hal itu dilakukan lantaran Tiongkok merupakan pusat penyebaran virus yang juga dikenal dengan nama COVID-19 tersebut. 

Berdasarkan data John Hopkins CSSE per hari ini, ada 90.937 kasus virus corona di dunia. Dari jumlah tersebut, 80.151 kasus berada di Tiongkok Daratan. Kasus terbesar lainnya berada di Korea Selatan (4.812), Italia (2.036), Iran (1.501), dan Jepang (274).

Adapun, sebanyak 3.117 orang dinyatakan meninggal dunia akibat pendemi tersebut. Sementara, 48.107 orang lainnya dinyatakan telah sembuh dari penyakit ini. Di Indonesia sendiri, sudah ada dua kasus virus corona yang tercatat.kbc11

Bagikan artikel ini: