Mudik Bareng BUMN 2020, kuota ditambah jadi 275 ribu orang

Rabu, 26 Februari 2020 | 09:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal menambah kuota pemudik dalam program Mudik Bareng BUMN 2020. 

Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo mengatakan, tahun ini target pemudik yang diberangkatkan sejumlah 275 ribu orang atau naik 10 persen dibanding tahun sebelumnya 250 ribu orang.

“Mudik Bareng BUMN tahun ini terdiri dari moda transportasi bus, kapal laut, kereta api dan pesawat udara dengan lokasi keberangkatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata Budi di Kantor Pusat Jasa Raharja, Jakarta Selatan, Selasa (25/2/2020).

Untuk menunjang sarana kegiatan mudik, pengadaan transportasi darat didukung Damri, transportasi laut oleh Pelni dan ASDP, transportasi kereta api PT KAI, transportasi udara oleh Garuda Indonesia, dan atribut pemudik oleh Sarinah.

Adapun program Mudik Bareng BUMN tahun ini didukung total 107 BUMN di mana tahun sebelumnya diikuti sebanyak 104 BUMN.

“Tujuan Mudik Bareng BUMN utamanya untuk pengalihan pemudik pengguna sepeda motor ke moda transportasi bus, kereta api, kapal laut dan pesawat untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas serta menggerakkan tingkat ekonomi di daerah,” papar Budi.

Pendaftaran Mudik Bareng BUMN dimulai pada Maret 2020 dengan sistem online. Rencananya, flag off Mudik Bareng BUMN Tahun 2020 akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta pada 19 Mei 2020. kbc10

Bagikan artikel ini: