Indonesia kekurangan juru masak menu tradisional

Senin, 17 Februari 2020 | 10:36 WIB ET
William Wongso
William Wongso

SENGGIGI, kabarbisnis.com: Indonesia dinilai masih kekurangan juru masak menu tradisional, serta pengajar formil makanan daerah. Kondisi ini membuat profesi koki menjadi rebutan banyak pelaku usaha.

"Indonesia kalah dengan Thailand," kata Guru kuliner Indonesia Chef William Wongso di sela memberikan bimbingan memasak kepada 15 orang ibu-ibu peserta Chef Invasion - Valentine's Edition di Sheraton Senggigi Beach Resort, akhir pekan lalu.

Menurutnya, sewaktu Mari Pangestu menjabat Menteri Perdagangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pernah menerbitkan buku tentang 30 ikon makanan Indonesia. Namun pelaksanaan pendidikannya tidak berlanjut. 

Dia juga meminta para pengusaha kuliner menampilkan menu daerah lebih banyak kepada wisatawan. Tidak sekedar menyajikan menu mi godok. Namun, hendaknya disesuaikan dengan selera konsumen. Misalnya menu lokal di Lombok berupa ayam taliwang dan pelecing kangkung. "Kurangi pedesnya," ujar William Wongso yang sudah menekuni dunia kuliner lebih dari 40 tahun sejak usia 28 tahun ini.

Ia tidak mempermasalahkan jika menu khas lokal menggunakan terasi dan lombok.

Disebutkannya, menu gudeg di Yogyakarta dikenal karena rasanya manis, atau kebanyakan wisatawan asing menyukai rendang Padang. Kepada peserta, dia meminta agar menekuni masakan Sasak tetapi juga belajar dari daerah lain. 

William Wongso yang fokus terhadap kuliner Indonesia menyebutkan, Indonesia kalah dari Thailand karena di negeri jiran tersebut juga peduli kebersihan kedai-kedai makanan jalanan. "Indonesia belum bisa menjamin kebersihan makanan jalanan. Jualan tanpa ada air dan tempat mencuci. Tidak seperti Thailand," ucapnya.

Diharapkan juru masak Indonesia juga berasal dari kalangan yang memiliki latar belakang pendidikan akademik. Ini untuk memenuhi kebutuhan diplomasi kuliner. Sebab, keseringan para calon duta besar yang akan menempati pos di luar negeri, sulit mendapatkan ahli makanan Indonesia untuk keperluan jamuan makan di rumahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: