Stabilkan harga, Kementan guyur cabai rawit merah dan bawang putih

Minggu, 9 Februari 2020 | 17:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pertanian kembali memasok cabai rawit merah dan bawang putih di 22 pasar Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta untuk menstabilkan harga. Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengatakan harga cabai rawit dan bawang putih akhir-akhir ini mengalami lonjakan khususnya di DKI Jakarta.

"Berdasarkan laporan food station sebanyak 20 ton bawang putih kita pasok ke pasar-pasar dengan harga Rp 30.000 per kilogram. Ini jauh di bawah dari harga yang berlaku sekarang," katanya di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Untuk harga cabai rawit merah, Kementan memberikan harga Rp 35.000 per kg. Agung menyebut komoditas tersebut didatangkan dari wilayah luar Pulau Jawa seperti Kalimantan Selatan dan Sumatera Barat.

"Saat ini harga cabai rawit merah di DKI mendekati Rp 100.000. Tapi setelah tiga hari kita intervensi, ini bisa turun menjadi Rp 70.000 sampai Rp 80.000," jelasnya.

Pasokan untuk dua komoditas tersebut akan terus dipenuhi selama dua bulan ke depan khususnya untuk 22 pasar di DKI Jakarta. Bahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terangnya menargetkan harga komoditas itu turun hingga Rp 50.000 per kg.

Selain itu pihaknya telah sepakat dengan PD Pasar Jaya untuk menentukan margin harga jual eceran pedagang. Sehingga harga yang didapatkan konsumen tidak terlalu jauh dari harga yang diberikan Kementan.

"Kita sepakat margin yang diperoleh oleh pedagang hanya Rp 5.000. jadi kalau misalnya kami lepas Rp 40.000, itu hanya Rp 45.000," terang dia.

Gubernur DKI Jakarta  Anies Baswedan mengaku pasokan pangan Jakarta sering mengalami gangguan. Akibatnya terjadi kenaikan harga pada komoditas pangan di pasaran."Pada saat harga mengalami kenaikan, di situlah negara hadir. Negara datang dengan membawa pasokan tambahan, tujuannya adalah untuk membuat harga menjadi stabil kembali," katanya.

Pasalnya, lanjut Anies masyarakat akan merasa kesulitan jika harga komoditas pangan terus melambung. Sedangkan kenaikan harga tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan penghasilan.

"Jadi intervensi yang dilakukan dalam bentuk operasi pasar pasokan untuk cabai merah dan bawang putih adalah bagian untuk stabilisasi harga. Insyaallah dengan operasi yang dilakukan ini maka harga di Jakarta bisa lebih stabil," ujarnya.

Operasi 22 pasar di DKI Jakarta kali ini memasok komoditas bawang putih dan cabai rawit merah. Dengan harga Rp30.000 per kilogram untuk bawang putih, dan cabai rawit merah Rp35.000 per kilogram, diharapkan bisa menurunkan harga pasar.

Anies menambahkan qPD Pasar Jaya sendiri juga melakukan bersama-sama melakukan bersama Cipinang Food Station, melakukan secara rutin di 88 pasar.Ia berharap intervensi tersebut berdampak jangka panjang dan dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan masyarakat.

"Harapannya dengan begitu seluruh kawasan di Jakarta mendapatkan pasokan kebutuhan pokok secara stabil. Harganya stabil keluarganya bahagia," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: