Siap untuk balap MotoGP 2021, seperti ini keindahan sirkuit Mandalika

Sabtu, 8 Februari 2020 | 10:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tahun 2021 mendatang Indonesia resmi menjadi tuan rumah seri balap MotoGP. Adalah Sirkuit Mandalika, Lombok, dengan konsep street circuit atau sirkuit jalanan yang kini masih dalam tahapan konstruksi.

Indonesia Tourism Development Country (ITDC) selaku pengembang dan pengelola lokasi ini memastikan Sirkuit Mandalika akan dibuka untuk umum saat tidak dipakai balap. 

Meski demikian, Mandalika Grand Prix Associations (MGPA) selaku promotor MotoGP Indonesia untuk 2021 merasa yakin mampu menjaga kualitas aspal Sirkuit Mandalika. Diketahui, aspal merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pebalap. 

Head of Operation Sporting Mandalika, Dyan Dilato mengatakan, konsep sirkuit jalanan Mandalika berbeda dari sirkuit jalanan lainnya, seperti Monaco atau Macau. "Sirkuit jalanan lainnya tidak memiliki area run off. Sirkuit lain benar-benar jalan raya. Kalau ini, ada kawasan wisatanya, baru dibuatkan jalan," ujar Dyan, saat peluncuran oli terbaru Motul, di Sentul, baru-baru ini.

Dia menambahkan, kendaraan umum memang boleh masuk, tetapi kendaraan besar dilarang dan tidak boleh mengebut juga. Buat umum, tetapi untuk kawasan itu bukan berarti jadi bisa dipakai untuk balapan liar. "Kalau yang bikin rusak itu kan truk, overloading, overweight. Kalau tidak ada itu sih tidak masalah," kata Dyan.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebut pembangunan Sirkuit Mandalika, di Lombok, Nusa Tengara Barat (NTB), masuk tahap perampungan. “Persiapan Sirkuit Mandalika di NTB, sekarang juga sedang perampungan konstruksi infrastrukturnya,” katanya.

Zainudin mengatakan, Sirkuit Mandalika bakal menjadi arena paling indah dan megah di dunia.  Sebab, lokasi sirkuit itu berada tepat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pulau Lombok.

“Konon katanya kalau sirkuit di Mandalika, NTB ini jadi, maka sirkuit ini akan menjadi sirkuit terindah di dunia. Karena dia mengelilingi laut, pantai. Saya belum tahu seperti apa, tapi menurut MotoGP bahwa kalau ini (sirkuit Mandalika) jadi, ini yang terindah di dunia," kata politikus Golkar itu.

Meski Zainudin belum melihat langsung proses pembangunan sirkuit itu, namun dia menjamin pembangunan sirkuit dilakukan dengan maksimal.

“Karena kita akan berkali-kali akan melakukan balap di situ. Tapi yang jelas untuk MotoGP sendiri kan setiap setahun sekali setiap negara. Mudah-mudahan kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan penyelenggaran yang baik,” jelas dia. 

Sirkuit yang memiliki lintasan sepanjang 4,3 kilometer itu dibangun oleh Mandalika Vinci Grand Project, salah satu BUMN asal Prancis sejak Oktober 2019. Sirkuit itu ditargetkan rampung tahun ini. Sirkuit ini nantinya akan menjadi sirkuit pertama di Indonesia yang akan menjadi tempat balapan Moto GP pada tahun 2021. kbc10

Bagikan artikel ini: