RS Mitra Keluarga daftarkan 300 driver ojol jadi peserta BP Jamsostek Surabaya Darmo

Selasa, 4 Februari 2020 | 21:08 WIB ET

SURABAYA,kabarbisnis.com: Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Surabaya Darmo terus berupaya untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia.

Kali ini dengan menyalurkan donasi Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Alpen Agungraya (RS Mitra Keluarga) sebagai donatur 300 pengemudi ojek online (grab) melalui program Gerakan Nasional (GN) Lingkaran di Hotel Mercure Surabaya. Dalam pelaksanaannya, ada sekitar 100 pengemudi ojol per bulan yang akan didaftarkan hingga tiga bulan kedepan.

Donasi ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Guguk Heru Triyoko, dr. Dian Mariana Tandela sebagai Direktur Utama PT. Alpen Agungraya RS Mitra Keluarga  kepada perwakilan dari komunitas Uber yang akan mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan.

“Jika biasanya perusahaan menyalurkan dana CSR untuk pembangunan fisik, pada kesempatan ini perusahaan menyalurkan dalam bentuk non fisik yakni memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja rentan berupa dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja atau JKK dan Jaminan Kematian atau JKM,” ujar Guguk Heru Triyoko di Surabaya, Selasa (4/2/2020).

Dijelaskannya, pekerja rentan adalah mereka yang memiliki risiko tinggi dalam bekerja dan upah mereka sangat minim, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, sehingga membutuhkan uluran tangan dari para donatur. Pekerja Rentan merupakan pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dengan penghasilan harian yang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan hari itu saja, sehingga belum terpikirkan untuk membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan. Oleh karena itu, dengan adanya GN Lingkaran ini, para Pekerja Rentan ini bisa mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan, sampai mereka mandiri untuk membayar sendiri.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat semakin meningkatkan kesejahteraan para pekerja rentan dan kepada perusahaan-perusahaan untuk bisa menyalurkan bantuan mereka melalui program GN Lingkaran. Jumlah perusahaan platinum yang telah menjadi peserta mencapai sekitar 30 persen hingga 40 persen dari total perusahaan. Harapan kami, mereka akan terpacu dan terpanggil untuk melakukan kegiatan yang sama,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Dian Mariana Tandela mengatakan bahwa pemberian dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat kurang mampu sebenarnya tidak hanya kali ini. Hanya saja, penyaluran CSR sebelumnya diberikan kepada masyarakat sekitar Rumah Sakit yang membutuhkan.

“Nah, GN Lingkaran ini sangat bagus juga karena menyeluruh secara nasional. Apalagi mereka (mitra Grab red.) memiliki kegiatan tetapi kurang mampu. Sementara risiko terjadinya kecelakaan sangat besar. Harapan kami, mudah-mudahan kedepannya bisa terus berkelanjutan dan lebih banyak lagi yang bisa kita bantu. Kami juga akan menyampaikan kepada MItra Keluarga Grup bahwa hal ini juga bisa dilakukan di Jakarta,” pungkas Dian.kbc6

Bagikan artikel ini: