Meski sudah surut, Rumah Zakat Action masih pantau kondisi banjir bandang Bondowoso

Sabtu, 1 Februari 2020 | 18:18 WIB ET

BONDOWOSO - Sebanyak 5 rumah rusak berat, 63 rumah terdampak, terdapat 200 kepala keluarga, 3 orang dirawat dan lainnya mengungsi di rumah tetangga/saudara terdekat akibat banjir bandang yang melanda Kampung Baru, Desa Kalisat dan Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Rumah Zakat Action turut hadir membantu evakuasi di lokasi kejadian. Dengan menerjunkan 11 relawan Rumah Zakat ikut dalam evakuasi, mulai berkoordinasi dengan berbagai pihak, melakukan need assessment, melakukan pembersihan material lumpur, melakukan aksi bersih-bersih sampah, support tenaga logistik, mendistribusikan KORNET SUPERQURBAN sebanyak 100 kaleng, menerjunkan mobil operasional 1 unit, membuka Pos Hangat dan Pos Segar sebanyak 200 cup, support tenaga Dapur Umum hingga survei pipanisasi.

.

"Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di tahun 2019, membuat hutan di pegunungan Ijen menjadi gundul. Hutan yang gundul di wilayah pegunungan ijen menjadi faktor terjadinya banjir bandang di Ds. Sempol, Kec. Ijen," ujar Kukuh, Kalak BPBD Bondowoso, didampingi Sekretaris Kecamatan Ijen, Jordan.

Kini, banjir sudah mulai surut. Rencana hari ini relawan akan melakukan pembersihan material lumpur, membuka Pos Segar dan Pos Hangat, support bahan dapur umum, koordinasi bantuan pipanisasi. Kebutuhan mendesak antara lain air bersih, perlengkapan kebersihan, MCK darurat, pipanisasi, dan trashbag/tempat sampah. kbc9

Bagikan artikel ini: